Untuk Mencegah Bayi Lahir Cacat, Ibu Hamil Wajib Makan Ini

By Ajeng , Kamis, 20 Oktober 2016 | 23:30 WIB
Agar Bayi Tak Cacat Ibu Hamil Wajib Makan Ini (Ajeng )

Tabloid-Nakita.com - Tak semua tindakan dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi. Namun, ibu hamil dapat meningkatkan kemungkinan untuk melahirkan bayi dengan kondisi yang sehat dan normal dengan melakukan berbagai pola hidup sehat, serta melakukan beberapa kiat khusus sebelum mempersiapkan kehamilan.

Berikut beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah bayi lahir cacat, seperti diungkapkan dr. Dyah Novita Anggraini:

1. Menjaga asupan makanan bergizi Mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan membantu perkembangan bayi di dalam rahim dan mencegah bayi cacat. Saat memasak daging, pastikan memiliki  tingkat kematangan yang baik.

2. Konsumsi asam folat Vitamin B9 yang ada di asam folat dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi. Cacat bawaan timbul akibat tidak sempurnanya penutupan tabung saraf (spina bifida) selama pertumbuhan embrional, sehingga berakibat kecacatan pada otak dan tulang belakang janin.

Asam folat dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau dari sayur-sayuran seperti: bayam, kubis, brokolo, asparagus, seledri, jagung, dan kailan. Juga buah-buahan seperti: pisang, jeruk, tomat, melon, strawberry, pepaya, dan bit, serta kacang-kacangan, salmon, dan hati ayam.

3. Menghindari asupan alkohol saat hamil Alkohol dapat masuk ke dalam peredaran darah dan plasenta sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran cacat. Tidak ada jumlah aman mengonsumsi alkohol, yang jelas semua alkohol berbahaya, terutama untuk kehamilan. Minum alkohol dapat menyebabkan keguguran, janin meninggal di dalam rahim (stillbirth), dan gangguan perilaku bayi.

4. Menghentikan kebiasaan merokok Merokok saat hamil menyebabkan bayi lahir prematur, dan bayi lahir cacat seperti bibir sumbing maupun kelainan palatum (langit-langit mulut). Selain itu, merokok saat hamil juga dapat menyebabkan kematian janin di dalam kandungan.

5. Rutin melakukan pemeriksaan Apabila Mama ingin merencanakan kehamilan atau sudah tahu sedang hamil, sebaiknya Mama rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk menjaga kesehatan kehamilan dan mencegah bayi cacat.

6. Cuci tangan menggunakan sabun, dan membilasnya dengan air mengalir sampai bersih setiap kali hendak makan, untuk mencegah infeksi selama masa kehamilan. Hindari orang yang sedang terinfeksi virus dengan memakai pelindung (masker).

7. Menjaga berat badan saat menyiapkan kehamilan Wanita yang mengalami obesitas dan sedang menyiapkan kehamilan harus berpikir untuk mengatur pola makan dan menjaga berat badan, karena wanita obesitas mempunyai risiko komplikasi selama kehamilan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mencapai berat badan ideal saat menyiapkan kehamilan.

8. Melakukan vaksinasi Vaksinasi yang disarankan yaitu sebelum kehamilan, selama kehamilan, dan setelah masa kehamilan. Vaksin yang disarankan sebelum masa kehamilan adalah vaksin MMR, sedangkan vaksin yang diberikan saat masa kehamilan adalah vaksin tetanus pertusis dan diphtheria. Pastikan Mama melakukan konsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukan tindakan vaksinasi.

Itulah hal-hal yang bisa Mama lakukan untuk mencegah cacat pada bayi. Selamat menyiapkan kehamilan ya, Mam.