4 Kebiasaan Ini Kerap Dianggap Sehat Padahal Berbahaya, Apa Saja?

By Fita Nofiana, Rabu, 21 Maret 2018 | 17:20 WIB
4 Kebiasaan yang Seringkali Dianggap Sehat Justru Berbahaya, Apa Saja? (kompas.com)

Nakita.id - Banyak kegiatan sehari-hari yang dianggap menunjang kesehatan tubuh padahal malah mengganggu kesehatan Moms. 

BACA JUGA: Rahasia Cantik dan Sehat Enno Lerian: Minum Okra. Inilah Sejuta Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Meminum air putih, mengonsumsi kunyit, berolahraga, atau konsumsi biji rami tentu saja menyehatkan ya Moms. Tapi ternyata ada lo efek samping dibalik itu. 

Begini Penjelasannya.

Minum terlalu banyak air

Pada 2007, Jennifer Strange yang berusia 28 tahun meninggal karena keracunan air setelah berpartisipasi dalam sebuah kontes radio yang meminta para peserta meminum air sebanyak-banyaknya untuk memenangkan sebuah konsol video-game.

"Tubuh memiliki kapasitas yang besar untuk mengeluarkan air yang kita minum, tapi ini bukan untuk asupan yang tidak terbatas," kata ahli hidrasi Dr. Stanley Goldfarb, seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania.

Kemampuan tubuh untuk menangani asupan cairan yang sangat banyak itu hanya sekitar satu jam sebelum tingkat natrium mulai menurun dan mengakibatkan cedera otak.

Goldfarb memperingatkan bahwa pelari marathon—yang kehilangan elektrolit dan sodium selama kompetisi—dapat beresiko jika mereka mengalami overhidrasi setelah mereka melewati garis finish.

Berolahraga terlalu intensif

Dr David Greuner, salah satu pendiri NYC Surgical Associates, melihat ada peningkatan pasien yang dirawat karena rhabdomyolysis, yang menyebabkan kerusakan otot rangka, karena meningkatnya latihan olahraga terlalu ekstrim."Sekarang semua orang meningkatkan intensitas pada semua hal," katanya.

Greuner sendiri mengaku pernah mengalami muntah-muntah setelah mengikuti latihan yang sulit.