Pernapasan Yoga Bikin Mama Hamil Tenang

By Ipoel , Rabu, 30 September 2015 | 23:00 WIB
Pernapasan Yoga Bikin Mama Hamil Tenang (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Tahukah Mama? Pernapasan yoga tidak hanya bikin Mama hamil tenang dan  memperbaiki mood, tapi juga mampu melancarkan persalinan. Ya, karena pernapasan yoga  mampu memberikan segudang manfaat, terutama menekan kadar stres menjelang persalinan.

Pernapasan yoga adalah suatu bentuk pengendalian napas yang dalam dan panjang (pranayama). Dalam bahasa Sansekerta  “prana” berarti energi, dan “ayama” berarti mendistribusikan energi. Ketika bernapas, Mama akan menghirup oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk berkerja. Saat napas itu diembuskan, Mama akan membuang karbon dioksida yang tidak dibutuhkan tubuh. Bisa dikatakan, dengan teknik pernapasann yoga, Mama akan memaksimalkan kapasitas paru-parunya. Ini berarti tubuh Mama dan janin mendapatkan manfaat kesehatan yang sangat baik, yaitu:

Lalu apakah, latihan pernapasan yoga aman dilakukan selama masa kehamilan?

Jawabannya: aman. Tapi jika ini merupakan latihan pertama, pastikan sesi latihan pernapasan  didampingi oleh instruktur yang sudah terlatih mengajar ibu hamil. Fokuskan pada teknik bernapas yang benar dan seimbang.

Ahli yoga menyarankan untuk tidak menahan napas  selama menjalani sesi yoga kehamilan, karena ini akan memangkas pasokan oksigen yang butuhkan oleh janin. Jadi sangatlah penting untuk melakukan pernapasan yoga dengan teknik yang benar.  Bernapas secara cepat dan dipaksa bisa membuat Anda merasa pusing. Sebaliknya, bernapaslah dengan dalam dan panjang agar teknik pernapasan yoga ini bisa membuat Mama hamil tenang.

Catatan: