Manfaat Latihan Pernapasan Saat Hamil

By Ipoel , Rabu, 22 April 2015 | 22:00 WIB
Manfaat Latihan Pernapasan Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kehamilan merupakan sebuah pengalaman yang tak ternilai harganya bagi para perempuan. Selain menggembirakan, banyaknya perubahan yang terjadi saat kehamilan kadang juga bisa membuat para perempuan merasa stres.

Dan latihan pernapasan merupakan cara terbaik dan efektif dalam menekan kadar stres, meningkatkan mood serta kesehatan secara keseluruhan. Melakukan latihan pernapasan secara teratur selama masa kehamilan akan memberikan manfaat besar baik pada saat kehamilan, hingga proses persalinan.

Berikut beberapa manfaat dari latihan pernapasan saat hamil:

Manfaat #1 Membuat Anda merasa lebih baik.

Cobalah duduk dengan punggung tegak dan ambil napas yang dalam. Posisi ini akan membuat perut Anda mengembang seiring dengan paru-paru terisi oleh udara, Anda juga akan merasakan tulang rusuk mengembang. Lalu, tahan napas Anda selama beberapa detik atau menit.

Lalu, buang napas secara perlahan dan rasakan relaksasi mengalir di seluruh tubuh Anda. Teknik pernapasan sederhana ini sudah terbukti bisa menjadi teknik relaksasi yang efektif juga.

Manfaat #2 Menekan kadar stres.

Selama kehamilan, otak Anda kadang dipenuhi dengan kekhawatiran akan banyak hal. Dan inilah yang menjadi faktor pemicu meningkatkan kadar stres dan menyebabkan terjadinya masalah komplikasi dalam kehamilan. Jika tingkat stres dibiarkan tak terkendali, maka bisa timbulkan masalah fatal pada janin atau  sebabkan keguguran.

Cara paling jitu untuk menghadapi stres adalah dengan menghindarinya. Tapi pada kenyataannya, hal ini tidak selalu mudah untuk dilakukan. Karena itu Anda perlu mempersenjatai diri untuk bisa menghadapi stres dengan baik tanpa harus membahayakan diri sendiri dan janin yang dikandung.

Coba berlatihlah teknik pernapasan yang dalam. Maka Anda akan terpukau menemukan bahwa teknik ini tak hanya bisa menurunkan kadar stres secara instan, tapi juga akan membuat Anda lebih mampu dan tenang dalam menghadapi penyebab stres dan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi.

Manfaat #3 Menurunkan kecemasan, ketakutan dan rasa sakit.

Dengan rutin melakukan latihan pernapasan yang benar, maka Anda akan mampu lebih mudah melawan pelbagai kekhawatiran, rasa sakit dan ketakutan yang berkaitan dengan kehamilan.