Riset Terbaru : Lamanya Bermain Gadget Tak Pengaruhi Konsentrasi Anak!

By Fadhila Auliya Widiaputri, Rabu, 9 Mei 2018 | 18:18 WIB
Psikolog Keluarga, Kara Andrea Handali ()

Nakita.id - Untuk menghindari pengaruh negatif gadget, banyak orangtua yang membatasi batas waktu penggunaannya bagi Si Kecil.

Padahal taukah Moms dan Dads bahwa membatasi lama waktu penggunaan tersebut ternyata tidak mempengaruhi Si Kecil?

BACA JUGA: Waduh! Akibat Terlalu Steril Anak Mona Ratuliu Justru Terkena Alergi

Kara Andrea Handali Psikolog Pendidikan dari Tiga Generasi menjelaskan, lama waktu penggunaan gadget tidak mempengaruhi anak.

Terutama kesejahteraan psikologisnya.

Bukan tanda alasan, hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Oxford University pada tahun 2017 lalu.

Dimana penelitian yang terbit dalam jurnal Child Development tersebut tidak menemukan kolerasi yang konsisten antara lama waktu atau durasi penggunaan gadget dengan konsentrasi, ketertarikan, emosi, dan rasa keingintahuan anak akan sesuatu.

"Jadi kita tidak bisa semata-mata melihat kalau misalnya anak umur 5 tahun pakai gadget 5 jam maka dia akan gak bisa konsentrasi, bukan seperti itu.

Tapi lebih ke ketika anak pakai gadget sebenarnya apa yang dia lakukan dengan gadget itu dan apa sebenarnya hal-hal yang dia dilewatkan," jelas Kara saat ditemui dalam 'Festival Ibu dan Buah Hati di kawasan Tanggerang Selatan, Minggu (6/5).

BACA JUGA: Anemia Bisa Kurangi IQ Anak Hingga 20 Poin Secara Permanen Jika Tidak Segera Diatasi