Terungkap! Ini 8 Faktor Pendukung ASI Lancar dan Banyak

By Ajeng , Kamis, 9 November 2017 | 22:15 WIB
Rahasia ASI banyak dan deras (Saeful Imam)

Tabloid-nakita.com - Secara alamiah, semua ASI ibu akan keluar. Namun, hal itu bergantung pada keyakinan ibu sendiri. Sejak awal memang harus diniatkan dan disiapkan sehingga ibu dapat memberikan ASI.

Berikut ini adalah 8 faktor pendukung ASI lancar.

1. Cari Info tentang ASI sebanyak-banyaknya Pada saat hamil, ibu sudah sigap mencari informasi sebanyak mungkin tentang segala keunggulan ASI untuk menimbulkan motivasi menyusui. Info tentang ASI bisa didapat lewat diskusi dengan ahli kebidanan, membaca buku atau majalah, atau mendatangi klinik-klinik laktasi. Dengan begitu, ibu siap memberikan ASI yang lancar pada bayi.

Baca juga: Fakta ASI: Komposisi ASI Berbeda dari Hari ke Hari. ASi hari pertama berbeda dengan  hari kedua, dan seterusnya

2. Belajar Posisi Menyusui Bayi ASI Ibu sudah belajar cara menyusui yang benar. Pelajari di klinik laktasi, di internet banyak bertebaran cara menyusui yang tepat, juga cara menyusui yang kurang pas.  Posisi ibu dan bayi yang benar penting sekali untuk keberhasilan menyusui. Kesalahan dalam posisi ini bisa menyebabkan puting lecet, peradangan pada payudara, atau bayi hanya mengisap udara karena cairan ASI tidak keBuar.

baca juga: Ciri Bayi Cukup ASI. Ini dia tandanya

3. Hindari memberi Makanan dan Minuman selain ASI Tidak memberi makanan atau minum apa pun selain ASI pada bayi yang baru lahir, kecuali ada indikasi medis. Jangan khawatir, bayi tidak akan sakit meski ASI belum diberikan pada hari-hari pertama kehidupannya. Dalam keadaan normal, cadangan tenaga dan air yang dibawa sejak lahir, cukup untuk pertahanan dirinya di hari-hari pertama selama proses menyusui belum mantap. Pemberian cairan lain justru akan membuat bayi malas menyusui. Semakin bayi ogah menyusu, maka produksi ASI akan menurun, sehingga kelak menjadi tidak lancar.

Baca juga: ASI di botol disimpan di suhu ruang tahan  berapa lama? Bagaimana kalau di freezer? Ini kata pakar laktasi

4. Pilih Rumah Sakit Pro-ASI Untuk keberhasilan ASI eksklusif, saat persalinan, pilihlah rumah sakit yang melaksanakan kebijakan rawat gabung sehingga ibu dan anak bersama terus selama 24 jam. Di samping mempererat ikatan ibu dan anak sejak awal, hal ini juga membuat ibu dapat memberi ASI secara on demand (saat dibutuhkan).Keberhasilan memberikan ASI di awal akan menentukan lancarnya ASI di kemudian hari.

5. Siapkan Mental Agar ASI lancar Ibu sudah sangat siap secara fisik dan mental untuk menyusui. Naluri keibuan akan timbul pada saat ibu melihat bayinya. Rasa bahagia ingin menyentuh dan menyayangi akan membuat hormon oksitosin bekerja memproduksi ASI dan payudara siap mengeluarkan ASI yang banyak dan lancar.

Baca juga: Begini Caranya Agar Hasil ASI Perah Optimal

6. Minta Dukungan Suami Dukungan suami sangat menentukan sebab pemberian ASI eksklusif dan lancarnya ASI. Bahkan 50 persennya ditentukan pula oleh suami. Perlu diingat bahwa proses menyusui atau memberi makan bayi bukanlah urusan ibu semata. Suami pun harus membantu sehingga istri tak gelisah dan pikirannya tenang. Jika gelisah ASI tak bisa keluar.