Agar Mudik Pertama Bersama Bayi Nyaman dan Lancar

By Ipoel , Rabu, 22 Juni 2016 | 03:30 WIB
Agar Mudik Pertama Bersama Bayi Nyaman dan Lancar (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Mudik bersama bayi menjelang Lebaran menjadi momen yang menyenangkan, karena artinya sebentar lagi Anda akan berkumpul dengan keluarga besar di rumah. Persiapan mudik tak akan sulit jika Anda hanya mudik sendiri atau berdua bersama pasangan. Namun, ketika Anda dan pasangan baru saja dikaruniai seorang buah hati, maka mudik kali ini pun jelas bakal berbeda.

Mudik pertama bersama bayi bisa menjadi mimpi buruk jika persiapan Anda kurang. Meski nantinya Anda akan mudik dengan pesawat yang waktu perjalanannya lebih singkat dibanding transportasi darat, tetap saja Anda perlu persiapan khusus.

Sebagai ibu baru, Anda pasti butuh banyak informasi jitu seputar mudik pertama dengan si kecil demi kenyamanan anak, juga Anda dan suami selama perjalanan. Berikut lima hal pokok agar mudik pertama bersama si kecil nyaman dan lancar:

1. Bawa termos berisi air panas untuk susu anak

Termos air panas adalah benda yang wajib Anda bawa jika mudik bersama anak-anak atau bayi. Sebagian dari teman Anda mungkin menyarankan tak perlu membawa termos ini, karena Anda bisa minta air ke pramugari saat berada dalam pesawat. Tapi bagaimana jika si kecil butuh susu saat di jalan? Inilah gunanya termos air panas.

Mungkin Anda akan bilang, “Tapi bawa termos air panas kan berat dan merepotkan.” Tenang, Anda bisa membawa termos berukuran 500 ml saja. Agar tak kehabisan persediaan air saat perjalanan darat dari bandara menuju rumah nanti, Anda bisa mengisi penuh termos tersebut ketika berada dalam pesawat.

2. Ganti popok si kecil sebelum naik pesawat

Saat mudik, Anda tak perlu menunggu popok anak penuh untuk menggantinya dengan yang baru. Sebelum naik ke pesawat, pastikan Anda telah mengganti popok si kecil. Dengan popok bersih, anak bisa lebih nyaman dan cenderung tidak rewel selama perjalanan.

3. Bawa mainan kesayangan anak

Alihkan perhatian anak saat terbang ke mainan kesayangannya. Bawa boneka atau mainan lain yang bisa membuatnya nyaman dan merasa seperti di rumah, meskipun sedang berada di dalam pesawat.

4. Siapkan alat pereda nyeri telinga untuk anak

Jangankan anak-anak, orang dewasa pun masih sering mengalami nyeri telinga saat pesawat lepas landas dan mendarat. Jika orang dewasa bisa mengatasinya sendiri, hal berbeda terjadi pada anak-anak. Karena tak bisa mengatakannya secara langsung, Anda yang harus menyiapkan segala sesuatunya agar si kecil tidak menangis meraung-raung akibat nyeri telinga. Bagaimana caranya?