Penyebab Batuk Pada Bayi

By Ipoel , Sabtu, 12 September 2015 | 20:00 WIB
Penyebab Batuk Pada Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Uhuk uhuk si kecil batuk. Ya batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh saat ada benda atau zat asing yang masuk tanpa permisi. Daripada mengancam kesehatan atau mengganggu, tubuh pun mengeluarkannya  Berikut beberapa penyebab umum bantuk pada bayi ini:

Penyebab #1 Flu biasa.

Saat si kecil terkena flu, biasanya diikuti dengan batuk dan bersin dengan hidung yang meler atau tersumbat, mata berair, hilangnya nafsu makan, dan mungkin demam ringan.

Penyebab #2 Respiratory Syncytial Virus

Atau lebih dikenal dengan istilah Infeksi Virus Sinsisial Pernapasan (infeksi RSV). Infeksi ini paling umum ditemukan dikalangan bayi dan balita, namun infeksi ini juga bisa menyerang anak di segala umum. Simtom infeksi RSV mirip seperti gejala flu biasa tapi dengan ditambahkan batuk yang parah dan sesak napas.

Infeksi RSV banyak terjadi diantara bulan November hingga pertengahan Maret.  Meski kadang infeksi ini tidak terlalu mengganggu seperti flu, tapi infeksi RSV bisa memicu terjadinya penyakit pernapasan yang lebih parah, seperti bronchiolitis (peradangan pada saluran pernapasan kecil) dan pneumonia (peradangan paru-paru). Terutama pada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun.

Penyebab #3 Croup atau Krup

Krup merupakan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus pada saluran napas bagian atas. Tanda-tandanya: batuk  ‘menyalak’ seperti suara gonggongan anjing dan biasanya menjadi lebih parah saat malam hari.

Krup juga timbulkan gejala seperti stridor, yaitu bunyi napas kasar dengan nada tinggi saat menarik napas.

Meski bunyi batuknya nampak menggerikan, tapi hampir semua kasus infeksi ini tidak timbulkan masalah serius dan bisa diobati di rumah. Tapi untuk mendapatkan perawatan terbaik, tidak ada salahnya untuk mendiskusikan kondisi si kecil pada dokter.

Penyebab #4 Alergi, asma, dan iritasi lingkungan.

Anak yang memiliki alergi tertentu, seperti bulu kucing atau debu, biasanya seperti menderita flu yang tak kunjung sembuh. Alergi bisa sebabkan hidung tersumbat dan meler dengan lendir bening, dan batuk konstan akibat postnasal drip (akumulasi lendir yang mengalir dari belakang sinus ke tenggorokan).