8 Cara Aman Mencuci Botol Susu Bayi yang Sering Tidak Dilakukan Ibu

By Ipoel , Sabtu, 16 September 2017 | 19:30 WIB
8 Cara Aman Mencuci Botol Susu Bayi (Ipoel )

Nakita.id - Meski tampak sepele, tapi kegiatan membersihkan botol susu bayi butuh kecermatan tingkat tinggi lo!  Bagaimana tidak, botol susu yang kurang bersih bisa picu terjadinya infeksi bakteri dan penyakit pada bayi. Sistem pembersihan yang maksimal akan menghilangkan semua sisa susu agar tidak membusuk dan menjadi sarang kuman. Plus, pemeliharaan botol susu yang baik akan membuat perlengkapan bayi Anda menjadi tahan lama. Ini dia cara aman mencuci botol susu bayi di sini:

1. Cucilah tangan Anda dengan sabun hingga bersih sebelum mencuci botol susu si kecil.

2. Lepaskan seluruh bagian botol susu dan tuangkan sedikit cairan pembersih khusus ke tiap bagian botol susu. Tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses pencucian.

3. Mulailah dengan membersihkan dasar botol susu menggunakan sikat halus dengan gerakan memutar. Bersihkan sisi dalam botol dengan menggerakkan sikat naik-turun. Lanjutkan ke bagian bibir botol, jika perlu gunakan sikat kecil yang bisa menjangkau setiap celah tutup botol.

4. Setelah usai membersihkan bagian botol, Anda bisa melanjutkannya ke bagian gelang dot. Pakailah sikat kecil untuk membersihkan seluruh bagian dari gelang dot ini, terutama bagian ulir di dalamnya yang kadang suka terlupakan. Lalu, bersihkan dot dengan sikat yang sama. Pastikan tidak ada sisa susu yang tertinggal.

5. Cuci bagian tutup botol susu dengan menggunakan spon pembersih hingga bagian dalamnya.

6. Bilas hingga bersih semua bagian botol yang sudah diberi sabun tadi dengan menggunakan air keran yang mengalir. Jangan biasakan membilas dengan cara merendamnya di dalam wadah.  Sebab kebiasaan ini membuat kotoran akan menempel lagi.

7. Setelah proses pencucian selesai, lanjutkan dengan proses pensterilan. Didihkan air dalam panci, matikan api dan diamkan setiap bagian botol di dalam panci selama 15 menit. Untuk hasil maksimal, gunakan air mineral sebagai air rebusan. Mengapa? Sebab kualitas air keran setiap rumah itu berbeda-beda. Kalau tidak ingin direbus, Anda juga bisa menggunakan alat sterilisator.

8. Angkat botol susu dengan menggunakan penjepit dan tiriskan. Kemudian, keringkan botol dan perlengkapannya dengan handuk bersih. Biasakan untuk menyediakan lap khusus untuk membersihkan botol susu, jangan campurkan dengan lap yang lain. Kemudian simpan botol dalam wadah plastik bersih. Jangan biarkan botol terendam lama di dalam panci, apalagi sampai airnya dingin lagi. Ini akan membuat proses pensterilan sia-sia, dan kuman-kuman pun akan kembali menempel pada botol.