Agar Berat Badan Bayi Normal Saat Lahir, Ini Dia Faktor Penentunya

By Ipoel , Selasa, 19 September 2017 | 09:15 WIB
Ini dia faktor yang membuat berat badan bayi normal saat lahir (Santi Hartono)

Nakita.id - Bayi yang memiliki perkembang baik akan memiliki berat badan ideal, sedangkan sebaliknya bayi dengan perkembangan yang buruk dan berat badan kurang atau berlebih akan menjadi sinyal adanya masalah pada mereka.

Seperti layaknya orang dewasa, bayi baru lahir memiliki rentang bobot badan sehat. Pada bayi yang lahir sesuai jadwal (antara 37-40 minggu) biasanya memiliki bobot antara 2,5 kilogram hingga 4 kilogram. Sejatinya,  faktor penentu berat badan bayi saat lahir? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Berat Badan Bayi Tidak Bertambah Tak Berarti Kurang Gizi 

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi ukuran bayi saat mereka dilahirkan. Salah satu yang terpenting adalah panjang masa kehamilan. Bayi yang dilahirkan tepat pada tanggal yang dijadwalkan atau lebih, biasanya akan berukuran lebih besar ketimbang bayi yang dilahirkan lebih awal dari jadwal yang seharusnya. Dan bayi prematur biasanya berukuran lebih kecil ketimbang bayi tidak prematur.

Tidak ada masalah jika bayi yang baru lahir memiliki bobot tubuh lebih ringan atau lebih berat ketimbang rentang bobot normal, tapi biasanya mereka akan mendapatkan perhatian ekstra dari dokter terlebih dulu usai persalinan untuk memastikan tidak ada masalah pada kesehatan mereka. Selain rentang masa kehamilan, ada faktor lain yang juga bisa mempengaruhi ukuran bayi Ibu, berikut faktor penentu berat badan bayi saat lahir.

Baca juga: Panduan Berat Badan Ideal Bayi Sesuai Usia

Ukuran tubuh orang tua

Orang tua yang tinggi akan memilki bayi dengan tinggi lebih panjang ketimbang bayi biasanya. Dan orang tua yang pendek akan memiliki bayi yang lebih kecil ketimbang bayi yang lain.

Melahirkan kembar

Jika Ibu melahirkan anak kembar dua, tiga, atau seterusnya, maka Ibu akan memiliki bayi dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Tak hanya harus berbagi ruang berkembang di rahim, anak-anak kembar juga bisanya lahir lebih awal, dan kondisi ini akan memicu kelahiran bayi dengan ukuran yang kecil.

Urutan kelahiran

Anak pertama biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang adik-adiknya kelak.