Gawat, Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) Harus Ditolong!

By Saeful Imam, Sabtu, 11 Februari 2017 | 20:15 WIB
Apa Itu Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)? (Ipoel )

Nakita.Id - Angka kejadian bayi berat badan lahir rendah (BBLR) di dunia mencapai 15,5%. Dan 90% dari kasus tersebut terjadi pada negara-negara berkembang. Bagaimana dengan di Indonesia? Menurut data tahun 2010, di Indonesia angka bayi BBLR mencapai 11,1% .

Selain bisa menurunkan kualitas tumbuh kembang anak, bayi dengan BBLR juga memiliki risiko meninggal lebih ketinggi ketimbang bayi dengan bobot lahir normal. Karena itu, dengan mengenal dan melakukan penanganan yang tepat risiko-risiko tersebut bisa diatasi.

Apa sih yang dimaksud dengan bayi BBLR? Menurut WHO, semua bayi yang memiliki bobot tubuh kurang dari 2,5 kilogram dikategorikan sebagi bayi BBLR atau berat badan lahir rendah, terlepas dari usia kehamilan mereka.

BBLR berbeda dengan bayi prematur. Pada bayi prematur, bayi dilahirkan sebelum masuk 37 minggu masa kehamilan. Karena tidak menyelesaikan perkembangan di rahim dengan ‘tuntas’, maka bayi prematur biasanya membutuhkan  perawatan khusus di NICU (neonatal intensive care unit) dan memiliki bobot tubuh yang rendah.

Sedangkan pada kasus BBLR, bayi sudah menjalani masa kehamilan dengan sempurna (lahir setelah minggu ke-37 kehamilan) tapi berat badannya kurang dari 2,5 kilogram. Lalu, apa sih yang menjadi faktor pemicu terjadinya bayi berat lahir rendah pada bayi? Ini beberapa di antaranya:

Baca juga: Berat-Badan Janin Optimal Janin Sehat

Berbicara mengenai dampak, setiap bayi memiliki dampak yang berbeda-beda saat mereka harus mengalami masalah BBLR. Semuanya tergantung pada apa yang menjadi penyebab mereka mengalami BBLR, dan apakah mereka dilahirkan prematur atau tidak.

Inilah masalah kesehatan yang bisa muncul dari bayi BBLR, seperti terlalu banyak sel darah merah sehingga membuat darah terlalu kental (polycythaemia), menghirup sebagian bau feses awal mereka (meconium) yang sebabkan kesulitan bernapas, kadar gula darah rendah (hypoglycaemia), dan kesulitan untuk membuatnya tetap hangat.

Ada banyak rumor yang mengatakan bahwa bayi BBLR pasti memiliki masalah pada kesehatan fisik dan mental. Tapi sebenarnya masalah itu timbul karena  faktor penyebab terjadinya BBLR, bukan dari masalah BBLR itu sendiri.

Kemudian, apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu bayi berat badan lahir rendah? Ada beberapa hal yang bisa dicoba, seperti:

Baca juga: Empat Penilaian Penting Ketika Bayi Lahir