Kecerdasan Anak Bisa Dilatih Sejak Awal Kehidupan, Lakukan Permainan yang Cocok untuk Bayi 1 Hingga 3 Bulan

By Faras, Selasa, 29 Agustus 2017 | 01:00 WIB
Permainan Bayi Usia 1-3 Bulan (Faras)

Nakita.id - Permainan sederhana dapat membantu kecerdasan anak. Tentunya perlu disesuaikan dengan tumbuh kembangnya. Di usia 1 bulan, pancaindra bayi mulai berkembang. Untuk itu, pilihlah mainan yang dapat menstimulasi pancaindranya. Jenis permainan tersebut antara lain:

1. Mainan gantung (Crib Mobile/Cot Toys) Mainan ini akan berputar jika salah satu bagiannya (berbentuk seperti kunci) diputar, pilihlah yang mengeluarkan bunyi/suara seperti lagu anak-anak dan memiliki paduan warna cerah. Gantung mainan ini di atas boks bayi dengan titik gantung yang harus diperhatikan benar agar penglihatan bayi benar-benar terfokus pada mainan ini. Pasalnya, mainan ini memang membantu bayi menfokuskan perhatian, selain mengenali rangsang visual.

Baca juga: Rangsang Perkembangan Kognitif Anak Sejak Dini dengan Cara Ini

2. Mainan tekstur Sediakan boneka atau mainan bertekstur lembut, kasar, dan padat. Ukurannya sebesar genggaman tangan bayi. Sentuhkan mainan itu pada lengan bayi, berawal dari bahan yang lembut, lanjutkan dengan bahan yang kasar, lalu padat. Biarkan si kecil memegangnya. Mainan ini membuat bayi merasakan berbagai sensasi berbeda.

3. Eksplorasi wajah atau tubuh Permainan ini akan membantu bayi meningkatkan kesadaran terhadap tubuhnya sendiri dan orang-orang terdekatnya. Misal, dengan tangan mungilnya, ia mulai mengeksplorasi bagian wajah Ayah dan Ibu yang dikenali dan diingatnya. Setelah itu, Ibu dapat juga membantu mengenalkan bayi pada tubuhnya sendiri dengan mendekatkan tangannya ke pipinya sendiri, “Adek, ini pipi Adek, ini hidung, ini mata”, dan seterusnya.

Baca juga: 10 Permainan Sederhana yang Mencerdaskan Untuk Bayi

4. Ekspresi wajah dan suara Perlihatkanlah  aneka ekspresi wajah dan suara yang berbeda-beda untuk mengembangkan kemampuan penglihatan dan pendengaran bayi. Ayah atau Ibu bisa melakukan gerakan memonyongkan mulut, menggerak-gerakkan hidung, menjulurkan lidah, menguap atau batuk-batuk, mengernyitkan dahi, membuka mulut lebar-lebar, dan memamerkan gigi. Tapi hati-hati, jangan mengeluarkan suara yang terlalu keras atau ekspresi yang teatrikal karena malah membuat bayi kaget lalu menangis ketakutan.

5. Mengayuh sepeda    Baringkan bayi dan gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan secara perlahan sampai si kecil mengikuti gerakan tangan kita. Diiringi lagu yang nadanya riang lebih baik lagi. Permainan ini mengasah kemampuan motoriknya, sekaligus mengembangkan kemampuan berpikirnya.

Baca juga: Jenis Permainan Agar Bayi 9-12 Bulan Cerdas 

6.Berguling Baringkan bayi pada permukaan yang halus/lembut. Pegang kaki dan pahanya pada sisi yang sama, lalu gulingkan ke arah yang berlawanan hingga membentuk gerakan menyilang. Lakukan bergantian dengan bagian tubuh yang satu lagi sambil terus bernyanyi. Permainan ini bisa mengasah kemampuan motoriknya.