4 Penyakit Langganan Anak

By Ipoel , Kamis, 21 Mei 2015 | 22:00 WIB
4 Penyakit Langganan Anak (Ipoel )

TabloidNakita.com - Apa sajakah penyakit yang kerap dialami anak batita atau anak usia 1-3 tahun, bagaimana mengatasi dan mencegahnya? Berikut 4 penyakit langganan anak:

1.  PILEK

Inilah penyakit langganan anak, bisa dihitung berapa kali ia terkena penyakit pilek.

Gejala penyakit pilek:Pada anak, penyakit ini  biasanya diawali tenggorokan gatal yang kadang menyebabkan batuk kering. Tak tertutup kemungkinan suhu tubuh ikut meningkat hingga terjadi demam. Selanjutnya, dari hidung keluar ingus jernih yang lama-kelamaan mengental. 

Penyebab penyakit pilek:Meskipun umumnya pilek disebabkan virus influenza, ada kalanya penyakit ini terjadi karena alergi rhinitis (radang selaput lendir hidung). Alergi timbul akibat reaksi terhadap bahan tertentu, seperti bulu hewan, debu, atau kapas/kapuk. Bedanya, pilek karena alergi terjadi tanpa disertai demam atau infeksi. Karena itu, pilek jenis ini tak perlu terlalu dirisaukan, tapi jika sangat mengganggu, bawalah ke dokter. 

Penanganan penyakit pilek:

Pencegahan Penyakit Pilek:

    Pilek akibat alergi rhinitis dapat dicegah dengan meminimalkan atau menjauhi sumber pemicu alergi. Kalau anak alergi debu, jaga kebersihan kamarnya. Bila masih menggunakan kasur kapuk, ganti dengan kasur per atau kasur busa. Begitu juga bantal dan gulingnya, jangan gunakan yang berisi kapuk. Sprei dan sarung bantal harus selalu diganti kala kotor atau setelah dipakai beberapa hari.       Pilek menjadi salah satu penyakit langganan anak akibat virus influenza dapat dicegah dengan kebiasaan makan makanan bergizi dan beraktivitas fisik yang sehat serta teratur. Jangan lupa, istirahat si kecil pun harus cukup agar kondisi tubuhnya selalu fit.  2.    PENYAKIT INFLUENZA

Baru saja terkena dan sembuh, eh sudah kambuh lagi. Itulah penyakit langganan anak yaitu influenza.

Gejala Penyakit Influenza:Umumnya, orang menyamakan pilek dengan influenza (flu), padahal keduanya bisa dibedakan. Penderita flu mengalami demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, serta batuk dan pilek. Jadi, flu lebih parah daripada pilek. Flu sangat cepat menular melalui udara yang tercemar oleh tetesan cairan saat penderita bersin dan batuk. Udara dengan cairan yang mengandung bibit penyakit flu mudah terisap oleh anak saat bernapas. Atau bisa jadi bibit penyakit hinggap di benda-benda yang kemudian disentuh anak dan masuk ke tubuhnya melalui tangan.

Penanganan penyakit influenza:Anak yang sedang flu harus banyak istirahat, makan makanan bergizi, dan banyak minum air. Tambahkan lebih banyak vitamin C jika ia demam. Beri obat turun panas sesuai petunjuk pemakaian. Batuk dapat dikurangi dengan minum sari buah yang manis dan agak panas, semisal air jeruk yang diberi madu. Jika dalam 2-3 hari demam tak juga turun, segera bawa ke dokter.

Pencegahan penyakit influenza:Tanamkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat. Virus flu ini enggan menyerang badan yang sehat. Bila ayah atau ibu atau anggota keluarga lain ada yang terserang flu, agar menjauhi si kecil atau gunakan masker kala berhadapan dengan anak. 3. PENYAKIT BATUK    Batuk yang merupakan penyakit langganan anak sebetulnya merupakan refleks dari tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang ada di saluran napas. Sesuatu ini bisa berupa lendir atau benda yang membuat tubuh berusaha mengeluarkan benda-benda asing tersebut.