Anak 4-5 Tahun Harus Mandiri Melakukan Ini

By Ipoel , Selasa, 24 Juni 2014 | 11:00 WIB
Anak 4-5 Tahun Harus Mandiri Melakukan Ini (Ipoel )

TabloidNakita.com - Anak 4-5 tahun harus mandiri melakukan beberapa hal. Apa sajakah? Berikut perkembangan kemandirian anak 4-5 tahun. 

PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK 4-5 TAHUN: * Dapat menggunakan pisau untuk memotong makanan

* Mandiri buka-pakai baju berkancing depan

* Buka-tutup celana beresleting dengan mandiri

* Menalikan sepatu sendiri/dengan mandiri

* Dapat menyisir rambut

* Mandi sendiri tanpa arahan

* Cebok sehabis pipis/pup sendiri  

STIMULASI KEMANDIRIAN ANAK 4-5 TAHUN: 

*         Berikan pisau yang tidak terlalu tajam. Di atas piring, letakkan makanan yang mudah dipotong seperti sejuring pepaya yang sudah dikupas, ubi atau kentang rebus, dan lainnya. Tunjukkan bagaimana cara memotongnya, lalu minta anak melakukannya sendiri. Bila anak mengalami kesulitan, bantu dengan cara memegang tangannya.

*         Agar anak mandiri memakai dan melepas baju, latih ia membuka kancing dan memasangkannya dengan menggunakan kancing agak besar. Tunjukkan bagaimana caranya, lalu minta anak melakukannya sendiri. Bila anak mengalami kesulitan, bantu dengan memegang tangannya. Setelah anak terampil buka-pasang kancing besar, barulah latih dia buka-pasang kancing dari bajunya.

*         Contohkan bagaimana cara membuka dan menutup resleting, lalu minta anak melakukannya sendiri. Bila mengalami kesulitan barulah dibantu dengan memegang tangannya. Dengan begitu, anak akan mandiri membuka dan menutup resleting.