13 Cara Agar Anak Tak Mudah Stres

By Ipoel , Kamis, 26 Juni 2014 | 12:00 WIB
13 Cara Agar Anak Tak Mudah Stres (Ipoel )

TabloidNakita.com - Stres membuat anak belajar bagaimana cara mengatasi masalah, selain memacu anak untuk meningkatkan kemampuannya. Namun, orangtua tetap harus mengajari anak agar tidak mudah stres. Sebab, bila dibiarkan, stres dapat membahayakan kesehatan dan perkembangan mental anak, seperti menurunkan kekebalan tubuh (immune system) untuk melawan penyakit dan infeksi, merusak sistem pencernaan, menghambat pertumbuhan, serta merusak emosi, perkembangan fisik dan sel-sel otak anak.

 

SUMBER STRES PADA BALITA

Pada usia prasekolah, ketidakmampuan melakukan sesuatu dapat menyebabkan stres. Misal, ikut perlombaan yang sangat dinantikannya, melakukan kesalahan dan takut mengakui, atau seringnya orangtua memberikan label negatif.

 

13 CARA AGAR ANAK TIDAK MUDAH STRES

 

1. Ajari anak menyelesaikan masalah.Ajak anak berpikir positif terhadap segala kendala yang dihadapinya. Jelaskan ada hal-hal tertentu yang tak perlu dikhawatirkan atau ditakuti secara berlebihan. Dengan cara itu, anak tidak mudah stres.

2. Jangan beri label negatif. Label negatif akan membuat anak mudah stres, lambat-laun sikap itu dapat membentuk sikap seperti yang dilabelkan.

4. Jalin komunikasi. Ajak anak bicara dari hati ke hati tentang berbagai masalah yang dihadapi serta berusaha mencari jalan keluar bersama. Dengan menjalin komunikasi yang baik, anak tidak gampang stres.

5. Beri perhatian, rasa aman dan nyaman.

Bersikaplah hangat, empati, peka dan responsif terhadap kebutuhan anak. Seringlah memeluk atau membelai anak karena dengan cara ini si kecil akan merasa aman dan nyaman. Anak pun tidak mudah stres.