Ternyata Sekarang Makin Banyak Bayi Kembar, Ini Penyebabnya

By Gisela Niken, Senin, 21 Mei 2018 | 10:03 WIB
Penyebab banyak kelahiran kembar (iStock)

Nakita.id - Makin banyak pasangan yang dikaruniai anak kembar saat ini.

Apalagi kalau melihat seleb Hollywood. Selalu saja ada seleb yang memiliki anak kembar.

Dari Angelina Jolie, Jennifer Lopez, Chris Hermsworth, Mariah Carey, Sarah Jessica Parker, Julia Roberts, dan seterusnya.

Dari kalangan seleb Indonesia, ada Lula Kamal, Titi DJ, Nico Siahaan, Cornelia Agatha, Cindy Fatika, Irfan Hakim, hingga Jonathan Frizzy.

BACA JUGA: Mau Punya Anak Kembar? Konsumsi 6 Makanan Ini Sebelum Hamil

Menurut studi terbaru, kelahiran kembar meningkat jumlahnya di banyak negara berkembang, hampir dua kali lipat (bahkan ada yang lebih dari dua kali lipat) dalam dua dekade terakhir.

Studi yang diterbitkan di jurnal Population and Development Review ini menganalisa data kelahiran kembar per 1.000 kelahiran antara tahun 1975-2011.

Selama periode tersebut, kelahiran kembar ternyata meningkat dari 9,5 ke 16,9 di Amerika, 9,9 hingga 16,1 di Inggris dan Wales, 9,2 hingga 17,2 di Jerman, 9,3 hingga 17,4 di Perancis, 9,6 hingga 21,2 di Denmark, dan 5,0 hingga 14,6 di Korea Selatan.

Data ini berkaitan dengan kembar fraternal (non identik), yaitu ketika dua sel telur dilepaskan dan dibuahi oleh dua sperma yang berbeda.

Sedangkan tingkat kembar identik tetap konsisten. Studi itu sendiri menunjukkan dua alasan utama peningkatan kelahiran kembar di negara-negara tersebut.

BACA JUGA: Cucu Aa Gym Meninggal Mendadak Usia 2 Bulan, Berikut Penyebab Kematian Mendadak pada Bayi alias SIDS

Pertama, perempuan di negara berkembang cenderung memiliki anak di usia yang lebih matang, dan ibu yang sudah tidak muda lagi cenderung memiliki kembar fraternal daripada ibu yang masih muda.