Cairan Ini Akan Keluar Setelah Bersalin

By Faras Handayani, Sabtu, 18 Maret 2017 | 06:45 WIB
Cairan Ini Akan Keluar Setelah Bersalin (Faras)

Nakita.id - Tak perlu khawatir jika ada cairan yang keluar setelah bersalin. Ibu memang akan mengeluarkan cairan setelah melahirkan yang disebut cairan lokia. Ada 4 macam cairan lokia, atau cairan yang akan keluar setelah bersalin, yaitu:

1. Cairan Lokia rubra/kruenta Cairan yang keluar setelah melahirkan ini terjadi pada hari pertama dan kedua, berwarna merah, terdiri atas darah segar, sisa-sisa selaput ketuban, sel-sel sisa bulu-bulu anak, serta kotoran anak.

2. Cairan Lokia sanguinolenta Cairan ini keluar tepatnya pada hari ketiga, terdiri atas darah plus lendir, seperti darah menstruasi.

3. Cairan Lokia serosa Cairan ini akan keluar seminggu setelah melahirkan, terdiri dari cairan yang tak berdarah lagi (putih).

4. Cairan Lokia alba Cairan ini baru keluar setelah dua minggu persalinan, terdiri atas cairan putih saja. Tak ada sel-sel yang keluar lagi. Penting diketahui, lokia tak berbau atau gatal. Nah, kalau lokia Ibu berbau, berarti ada infeksi antara rahim dengan vagina. Juga, Ibu harus memerhatikan dari segi jumlah, warna, serta lamanya keluar, aturannya harus cocok dengan tahapan-tahapan lokia. Kalau tidak, berarti ada gangguan patologis. Yang jelas, cairan yang keluar setelah bersalin atau lokia ini berbeda dengan perdarahan setelah melahirkan. Jika lebih dari sehari masih keluar darah segar berarti perdarahan. Sedangkan pada lokia, cairan yang keluar tidak deras mengucur.