Nindy Ayunda, Lebih Suka Memuji Ketimbang Beri Imbalan Pada Anak Agar Berpuasa

By Radita Milati, Rabu, 23 Mei 2018 | 14:03 WIB
Nindy Ayunda dan Abhirama Danendra Harsono ()

Nakita.id - Ada banyak cara yang dilakukan oleh orangtua agar anaknya mau menjalankan sebuah perbuatan baik, salah satunya menjalankan ibadah puasa. 

Beberapa orangtua memiliki caranya tersendiri agar anak-anaknya mampu menjalankan puasa, bahkan sampai seharian dan sebulan penuh. 

Biasanya, salah tau cara yang dilakukan pada buah hatinya agar mampu menjalankan ibadah puasa adalah dengan memberikannya iming-iming hadiah. 

BACA JUGA: Berencana Beli Mobil Baru? Datsun GO+ Bisa Jadi Pilihan Mobil keluarga yang Nyaman!

Dalam beberapa hal, cara tersebut memang berhasil, tapi niat sang anak bisa berubah yaitu bukan untuk beribadah melainkan untuk mendapatkan hadiah. 

Lain halnya dengan penyanyi Nindy Ayunda, dirinya justru tak biasakan beri imbalan kepada sang anak atas kemampuannya menjalankan ibadah puasa sehari penuh. 

"Kalau hal-hal yang baik pasti aku puji. Memuji lebih baik dibandingkan kasih barang," ungkapnya. 

BACA JUGA: Cegah Hamil di Usia Sangat Dini Seperti Kasus Anak SD dan SMP Ini, Begini Pentingnya Pendidikan Seksual untuk Anak!

Menurut Nindy, jika diberikan hadiah berupa barang, justru dapat membuat sang anak terbiasa mengharapkan sesuatu saat melakukan kebaikan. 

"Ngga ada sih, aku ngga ngajarin kaya gitu. Itu ngga bagus, karena bisa membuat ketergantungan sampai dewasa. Kalau untuk anak saya yang paling besar, Abi itu biasanya saya puji aja kalau dia berhasil kaya 'Kamu hebat nak'. Saya lebih baik memuji, bila memang dia puasanya bisa sampai maghrib. Dan ngga cuma ibadah, kalau dia punya prestasi yang lain juga saya puji. Karena pengakuan prestasi pada anak itu penting bagi saya, itu bisa memacu dia untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi," ujarnya. 

BACA JUGA: Lagu Unbeatable Jadi Single Ketiga dari Album Asian Games 2018

Seperti yang diketahui Moms, anak sulung Nindy bernama Abhirama Danendra Harsono kini telah beranjak lima tahun. 

Pelantun lagu 'Banyak Lelaki' ini pun mengaku jika dirinya sedang giat-giatnya mendidik sang anak mengenai keragaman Islam di Ramadan, salah satunya puasa.