Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal

By Ipoel , Kamis, 30 Januari 2014 | 08:00 WIB
Cepat Pulih Usai Melahirkan Normal (Ipoel )

TabloidNakita.com – Pulih pasca melahirkan normal adalah dambaan setiap ibu. Dengan beberapa trik di bawah ini, ibu diharapkan dapat segera pulih setelah melahirkan normal:

Tahap I (20 menit)

* Dalam keadaan terlentang, tekuk ke dua kaki, pegang perut oleh kedua tangan. Kerutkan pantat, tarik perut ke dalam (sambil buang napas), tekan punggung ke dalam. Tarik napas dari hidung, kembali melakukan gerakan awal.Ini bermanfaat untuk menguatkan otot di perut, pinggul, dan punggung usai melahirkan normal. 

* Dalam keadaan terlentang, luruskan kedua kaki. Gerakan (cuma sebatas pergelangan kaki), gerakan ke depan ke belakang, miring kanan dan kiri, putar.

* Dalam keadaan terlentang, tekuk kedua kaki, telapak kaki menyentuh kasur, tangan di depan dada, ambil napas dari hidung, angkat badan dan kepala (mengangkat badan semampunya), buang napas dari mulut, turunkan kembali.

* Dalam keadaan telentang, lakukan gerakan, mengerutkan otot pantat, lepas, kerutkan kembali, lepas, dan melakukan kontraksi otot-otot dasar panggul, sehingga otot-otot itu dapat lekas pulih usai melahirkan normal.  

* Dalam keadaan telentang, tekuk kedua kaki, letakkan tangan di samping badan, angkat pantat sedikit ke atas, gerakan ke kanan dan ke kiri.

* Bersiap untuk berdiri: Posisikan tubuh miring saat berbaring, angkat badan, duduk, ayun-ayunkan kaki beberapa menit, berdiri tegak. Lihat postur tubuh di kaca. Usahkan selalu tegak.

* Untuk relaksasi, tidur tengkurap 2 kali sehari minimal 1 ½ jam..

Tahap II (20 menit)