Cepat Pulih Usai Melahirkan Sesar

By Ipoel , Selasa, 28 Januari 2014 | 08:00 WIB
Cepat Pulih Usai Melahirkan Sesar (Ipoel )

TabloidNakita.com - Usai melahirkan sesar, setiap ibu pasti menginginkan kondisi yang sehat dan prima seperti sediakala. Tetapi apakah bisa secepat itu? Asalkan ibu mempunyai niatan kuat untuk segera pulih usai bersalin sesar, melakukan gerakan-gerakan yang akan dijabarkan di bawah ini, dan perhatikan asupan makanan, bisa kok. Yuk, kita pelajari gerakan-gerakannya. 

       

Tahap I (20 menit)

* Dalam keadaan berbaring. Tarik napas panjang lewat hidung, hembuskan napas lewat mulut perlahan beberapa kali, hingga kita merasakan segar, lega, dan plong.

* Bisa dalam keadaan terlentang. Tapi lebih baik setengah duduk atau tidur miring. Lakukan aksi membatuk. Hal ini ditujukan untuk mengeluarkan sisa-sisa lendir di kerongkongan dan saluran napas pasca pembiusan total saat bersalin sesar.

* Dalam keadaan terlentang, bisa dilakukan dalam posisi setengah duduk. Ambil napas lewat hidung, angkat salah satu kaki, kurang lebih satu jengkal di atas tempat tidur, tahan, turunkan sambil buang napas lewat mulut. Lakukan hal yang sama dengan kaki satunya.

* Dalam keadaan telentang, gerakan kaki (sebatas pergelangan kaki); ke depan, ke belakang, samping kanan—kiri, dan putar.

Tahap II (20 menit)

* Dalam keadaan berbaring, ambil napas lewat hidung, angkat salah satu kaki ke atas (semampu ibu bisa), buang napas lewat mulut, turunkan perlahan. Bisa juga dilakukan setelah kaki ditekuk. Ambil napas dari hidung, luruskan kaki di atas (tidak menempel kasur), buang napas dari mulut, kembali ke posisi semula. Lakukan hal yang sama untuk kaki satunya.

* Dalam keadaan berbaring, kedua kaki ditekuk, angkat pantat, ambil napas dari hidung, kerutkan pantat, goyangkan pantat ke kanan—kiri, buang napas dari mulut, turunkan pantat ke kasur.