Ibu Hamil Perlu Lakukan 5 Hal Ini Agar Lancar Selama Kehamilan

By Ipoel , Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:45 WIB
Ada banyak cara agar kehamilan sehat yang perlu Ibu lakukan (Santi Hartono)

Nakita.id - Semua Ibu pastinya ingin menjalani kehamilan yang lancar. Ada banyak cara yang perlu Ibu lakukan jika ingin memiliki kehamilan yang sehat tanpa masalah. Ternyata ada hal-hal yang perlu Ibu lakukan selama kehamilan. Ini dia daftarnya!

1. Menjaga hubungan baik dengan keluarga dan lingkungan

Penting menjaga hubungan baik dengan lingkungan dan orang sekitar karena dapat memengaruhi suasana hati. Ketika tercipta hubungan yang harmonis dengan lingkungan dan orang sekitar, akan tercipta suasana hati yang tenang dan nyaman. Kondisi ini tentunya akan memengaruhi janin dalam kandungan. Suasana menyenangkan itu akan membuat si janin pun merasa aman dan tenang, sehingga akan terbentuk emosi positif yang akan terus terbawa dalam tumbuh kembangnya.

Baca juga: Yang Perlu Dilakukan Saat Hamil Muda Agar Kehamilan Sehat dan Bahagia 

2. Stimulasi musik

Stimulasi dengan musik dapat dilakukan oleh ibu semenjak umur kehamilan 6 minggu. Pasalnya, di usia kehamilan tersebut  sudah diciptakan organ-organ penting, seperti otak. Caranya dengan mendengarkan musik-musik yang menyenangkan atau gembira. Jadi, tak terbatas hanya pada musik klasik, tapi juga alunan alat-alat musik tradisional atau suara alam yang menenangkan, seperti embusan angin, gemericik air, bahkan irama dangdut sekalipun boleh saja. 

3. Stimulasi sentuhan

Rabalah permukaan perut ibu dengan lembut dan sepenuh hati sambil mengucapkan kata-kata bernada positif atau bercerita aktivitas/kegiatan sehari-hari yang menyenangkan, sehingga terjalin komunikasi antara orangtua dan calon anak. Alangkah baiknya ketika sedang meraba permukaan perut disebutkan nama panggilan yang sudah direncanakan. Dengan menyebutkan nama, janin akan merasa lebih dihargai. Biasanya janin akan memberikan respons dengan gerakan yang terlihat pada perut sang Ibu.

Baca juga: Ibu, Ini Makanan Wajib Agar Kehamilan Sehat di Trimester Pertama 

4. Endorfin massage

Endorfin massage merupakan metode pemijatan sangat ringan yang bahkan bisa membuat bulu-bulu halus berdiri. Riset membuktikan, teknik ini meningkatkan endorfin serta oksitosin, sebuah hormon yang memfasilitasi persalinan. Teknik ini sangat mendukung dan membantu ibu untuk masuk ke dalam alam relaksasi yang dalam, selain membantu menguatkan ikatan antara ibu dan suami dalam mempersiapkan persalinannya. 

Baca juga:4 Kunci Kehamilan Sehat

5 Kegiatan positif

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan pikiran positif ibu hamil. Salah satunya, browsing internet. Selain ”membunuh” bosan, bisa juga chatting dengan teman untuk curhat atau sharing apa saja. Dengan cara itu, ibu mengeluarkan uneg-uneg atau berbagi informasi dengan ibu lainnya.  Atau, ibu juga bisa membaca novel favorit. Konon, kalau ibu hamil rajin baca, nanti bayi juga senang bacaan.