Hati-Hati Kalau Bayi Jarang Pipis! Tandanya Ia Alami ini

By Ipoel , Senin, 30 Oktober 2017 | 09:45 WIB
Ingin selalu digendong adalah salah satu ciri-ciri bayi sulit. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Jarang pipis, tanda bayi kena dehidrasi berat. Tanda ini harus dicermati karena bayi belum bisa berkomunikasi, sehingga dehidrasi bisa mengancam nyawa bayi.

Akibatnya, gejala-gejala dehidrasi, khususnya yang ringan, kerap tidak terdeteksi.

Selain itu kandungan cairan pada tubuh bayi jauh lebih besar, yakni sekitar 80%, dibanding anak-anak (70%) dan orang dewasa (60%), sehingga bayi memiliki risiko lebih tinggi mengalami dehidrasi.

Fungsi cairan pada tubuh bayi sama seperti pada orang dewasa; untuk menyerap zat gizi yang ada dalam darah, membantu proses pencernaan, menjaga temperatur tubuh, dan lain sebagainya.

Sebab itu bila cairan tubuh berkurang tentu akan mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Sebab itu pada penderita dehidrasi muncul risiko kejang karena cairan yang terbuang (saat bayi menderita diare) juga mencakup larutan elektrolitnya (mengandung natrium dan kalium).

Karena dehidrasi membuat darah mengental, jadi suplai oksigen ke otak berkurang, karena zat asam ini tidak bisa bergerak sendiri ke otak tanpa ada cairan tubuh (darah).

Nah, bila kondisi ini terus berlanjut bayi bisa mengalami syok lantas kejang.

Tak hanya itu, dehidrasi pun bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ, seperti gagal ginjal atau infeksi berat.

Pasalnya, organ tubuh manusia saling berinteraksi satu dengan lainnya.

 GEJALA DEHIDRASI PADA BAYI

        Dehidrasi pada orang dewasa sangat berbahay, apalagi pada bayi. berikut gejala bayi yang mengalami dehidrasi.

Bila bayi tampak lemas, lesu, menangis lirih tidak berteriak, tidak bersemangat, tidak mau bermain, tak mau memegang botol susu, tak mau minum, bisa jadi bayi sudah mengalami dehidrasi berat.