Wabah Demam Berdarah di Musim Hujan

By Ipoel , Minggu, 15 Februari 2015 | 19:30 WIB
Wabah Demam Berdarah di Musim Hujan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Di musim hujan, orangtua mesti waspada dengan wabah demam berdarah. Berikut informasi tentang wabah demam berdarah di musim hujan.

Bagaimana Demam Dengue (DD) pada anak dapat terjadi?

Wabah demam berdarah di musim hujan dikenal  sebagai demam dengue. Ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yeng telah terinfeksi. Nyamuk terinfeksi melalui gigitannya pada orang yang terinfeksi sebelumnya. Gejala pertama timbul hari ke-4 sampai ke-7 setelah terinfeksi.

Apa beda demam dengue (DD) dengan demam berdarah (DBD)?

Demam dengue (DD) merupakan penyakit demam akut yang disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti. Jenis penyakit ini dapat dibedakan menjadi 2 tipe yakni DD dan DBD. Bedanya DBD merupakan bentuk yang lebih parah, dimana terjadi perdarahan dan syok yang bisa berujung pada kematian. Gejala perdarahan biasanya terjadi 3-5 hari pasca munculnya demam. Daerah endemik penyakit ini ada di Asia Tenggara, Afrika, dan Amerika tengah serta selatan. Waspadai wabah demam berdarah di musim hujan.

Pola kejadian DD/DBD saat ini cenderung berubah, apa maksudnya?

Benar. Pola kejadian DD/DBD saat ini cenderung berubah, tidak lagi hanya terjadi pada masa pancaroba atau musim penghujan, namun bisa terjadi sepanjang musim serta memiliki gejala-gejala yang tidak jelas. Indonesia merupakan negara tropis dengan angka kejadian DD/DBD tinggi. DD/DBD menyebar dengan cepat dan menyerang banyak orang. Jutaan orang mengalaminya setiap tahun dan sebagian besar adalah anak-anak.

Bagaimana gejala umum DD?