Ibu Wajib Melakukan Perawatan Payudara Ini Saat Hamil Agar Lancar Menyusui

By Ipoel , Senin, 7 Agustus 2017 | 08:10 WIB
Perawatan Payudara Semasa Hamil (Ipoel )

Nakita.id - Persiapan menyusui memang jadi hal yang penting bahkan saat Ibu masih hamil. Ada banyak hal yang bisa Ibu lakukan untuk merawat payudara agar siap menyusui. Persiapan yang matang akan membuat proses menyusui berjalan dengan lancar. Apa saja persiapan yang bisa dilakukan saat Ibu sudah menginjak usia 5 bulan kehamilan? 

Baca juga: Ingin Payudara Sehat Dan Seksi, Lakukan 10 Hal Ini !  Setelah usia kehamilan 5 bulan, ibu mutlak melakukan perawatan payudara untuk persiapan menyusui. Cara sederhana berikut dapat mulai Ibu lakukan setelah mandi. Berikut caranya:

1. Setelah payudara dibersihkan, oleskan dengan baby oil.

2. Pijatlah sekeliling payudara dengan kedua tangan searah jarum jam kemudian berbalik arah atau berlawanan dengan jarum jam.

3. Pijatlah dari bawah menuju puting. Dalam hal ini, Ibu tak perlu memijat bagian puting melainkan ke arah menuju puting. 

4. Ketuk-ketuk payudara dengan ruas-uras jari untuk memperlancar peredaran darah.  

5. Bersihkan puting dengan kapas dan baby oil. Setelah itu, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat

6. Setelah selesai bilas kembali dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

7. Lakukan pemijatan ini secara rutin setiap hari.

Ada banyak manfaat ketika Ibu melakukan pijat payudara saat hamil. Salah satunya adalah mecegah stretch mark. Berat badan yang bertambah serta payudara yang membesar akan meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit ini.

Baca juga: ASI Lancar Lewat Pijat Payudara 

Selain itu, pijat juga mengurangi nyeri payudara yang terjadi selama kehamilan. Pembesaran payudara selama kehamilan akan menyebabkan rasa nyeri. Tak hanya nyeri, rasa gatal juga sangat mungkin terjadi.