3 Hal Penting Moms Lakukan dan Patuhi Saat Usia Kehamilan 32 Minggu

By Fadhila Auliya Widiaputri, Minggu, 17 Juni 2018 | 10:45 WIB
32 minggu masa kehamilan ()

Nakita.id – Saat usia kehamilan semakin besar, pantangan dan persiapan yang harus dilakukan seorang ibu pun juga semakin besar.

Misalnya saat usia kehamilan ibu sudah memasuki 32 minggu.

Nah, sebelum membahas pantangan dan persiapan yang dimaksud, sebaiknya pahami terlebih dahulu kondisi dan perkembangan janin saat itu.

BACA JUGA: Catat Cara Mencegah Posisi Peranakan Turun, Perempuan Wajib Tahu

Dilansir dari Serial Buku Nakita: Agenda Periksa Kehamilan, pada saat usia kehamilan memasuki 32 minggu, rahim ibu sudah berada sekitar 12 cm di atas pusar dan 32 cm di atas simfisis pubis.

Dalam usia kehamilan ini, panjang janin dari puncak kepala sampai pantat idealnya sekitar 38 cm dengan berat sekitar 1,35 kg.

Saat memasuki 32 minggu kehamilan, para ibu biasanya akan mulai mengalami sejumlah perubahan dan keluhan seperti rasa tak nyaman di perut, mudah pipis, sesak napas, dan bahkan mudah lupa.

Karena pada usia kehamilan ini kondisi ibu dan janin mulai rawan, biasanya dokter akan menyarankan ibu untuk kontrol rutin sebanyak 2 minggu sekali untuk memantau perkembangan janin lebih intensif.

Nah untuk keamanan ibu hamil serta janin, berikut 3 hal yang seharusnya dilakukan saat memasuki usia kehamilan ini.

BACA JUGA: Selain Bantu Cegah Cacat Janin, Ini 10 Manfaat Mentimun Selama Hamil!

Hindari kontraksi akibat hubungan intim

Bagi ibu hamil dengan posisi janin yang sungsang di usia kehamilan 32 minggu, sebaiknya hindari kontraksi yang dapat timbul setelah hubungan intim.