Artificial Intelegent Google Mampu Prediksi Kematian Manusia Hingga 95%, Ini Buktinya!

By Fadhila Auliya Widiaputri, Jumat, 29 Juni 2018 | 09:27 WIB
(Wccftech)

Nakita.id - Selama ini kita hanya tahu kematian seseorang ialah sesuatu yang tak terduga dan tak dapat diprediksi oleh seorang dokter sekalipun.

Teknologi mencoba menggeser pemikiran lama tersebut.

Sebab, sebuah makalah terbaru dalam jurnal Nature menyebutkan bahwa kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI) ciptaan Google bisa memprediksi kapan seseorang akan meninggal dunia.

Hal ini bisa dilakukan dengan memasukan data catatan kesehatan elektronik milik seseorang.

Selanjutnya dengan model pembelajaran yang mendalam, hasil prediksi pun dikeluarkan dengan substansial berakurasi tinggi.

BACA JUGA: Intip Yuk Mewahnya Rumah Klasik Milik Chacha Frederica Anggota Girls Squad

Dilansir dari Futurism, untuk uji coba penelitian ini para peneliti menggunakan data dari 216.000 pasien dewasa yang ada di dua rumah sakit AS.

Dari penelitian tersebut mereka menunjukan algoritma ini bisa memprediksi kapan pasien harus dirawat di rumah sakit hingga waktu kematiannya.

"Kami tertarik untuk memahami apakah pembelajaran yang mendalam dapat menghasilkan prediksi yang valid diberbagai macam masalah dan hasil klinis," tulis para peneliti dalam laporan mereka sebagaimana dikutip dari Fox News.

"Oleh karena itu, kami memilih hasil dari domain yang berbeda termasuk hasil klinis yang penting (kematian), ukuran standar kualitas perawatan (readmissions), ukuran pemanfaatan sumber daya (lama tinggal), dan ukuran pemahaman masalah pasien," tambahnya.

Penting untuk dipahami, meski hal ini bisa digunakan untuk memprediksi kematian seseorang, tetapi kecerdasan buatan ini bukan untuk menakut-nakuti.

BACA JUGA: Moms, Ini Alasan Anggun Enggan Unggah Foto Wajah Anaknya, Bisa Kena Denda!