Ini KonMari, Seni Merapikan Rumah ala Jepang untuk Stay At Home Moms

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Sabtu, 7 Juli 2018 | 11:26 WIB
Membesihkan rumah ala Jepang, bagaimana caranya? (pexels.com)

 

Nakita.id - Walaupun dilakukan setiap hari, mungkin Moms bingung mengapa rumah tetap terlihat berantakan dan sulit rapi.

Belum lagi jika banyak barang di rumah, dan Moms terkadang merasa sayang untuk menyingkirkannya kendati sudah tak terpakai lagi.

Padahal, hunian yang bersih dan rapi tentu akan membuat Moms betah di rumah dan berinteraksi dengan anggota keluarga.

Namun, sibuk beraktivitas membuat Moms menjadi enggan untuk merapikan rumah menjadi benar-benar rapi.

Jika Moms masih terpikir bagaimana ya cara membereskan rumah yang ideal, mungkin akan tertarik mencoba metode KonMari ala masyarakat Jepang.

Lebih dulu populer di Negeri Matahari Terbit, metode ini ditemukan oleh Marie Kondo seorang konsultan kerapian dan penulis buku yang sudah gemar membereskan rumah sejak kecil.

BACA JUGA: Buat Wajah Awet Muda dengan Lakukan Steam di Rumah, Ini Caranya Moms!

Kendati dikenal sebagai negara canggih dan rajanya teknologi, nyatanya Jepang masih mengedepankan prinsip tradisional dalam hal merapikan rumah.

Hal ini diungkapkan secara gamblang dalam Workshop Kreatif Kelas KonMari bersama Aang Hudaya, Founder Komunitas KonMari Indonesia yang dihelat di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (6/7).

Pada dasarnya, metode merapikan rumah ala warga Jepang ini memiliki dua aktivitas inti yaitu decluttering (menyingkirkan barang yang sudah tak diperlukan lagi) dan organizing (mengatur).

Namun jangan salah Moms, mengatur ala Jepang ini tak sembarangan karena ada beberapa prinsip bebenah yang harus dipenuhi agar kerapian rumah dapat tercipta dengan sempurna.

- Komitmen pada diri sendiri