Tidak Ada Bukti Ilmiah yang Membuktikan Gadget Picu Tumor Otak

By Fadhila Auliya Widiaputri, Rabu, 11 Juli 2018 | 17:04 WIB
Gagdet bukan pemicu utama tumor otak (express.co.uk)

Nakita.id - Tak dapat dipungkiri bila gadget memiliki pengaruh negatif untuk kesehatan tubuh manusia.

Gadget seringkali dikaitkan sebagai salah satu pemicu utama tumor otak.

Namun benarkah anggapan itu?

BACA JUGA: Memukau, Ini Potret 14 Cincin Victoria Beckham dari Sang Suami

Herlina Uinarni, dr. Sp. Rad (K) mengatakan gadget khususnya ponsel memang bisa memancarkan gelombang elektromagnetik radiasi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. 

Sebagaimana yang kita ketahui, paparan radiasi baik itu X-Ray atau gelombang eletromagnetik lainnya memang bisa meningkatkan risiko penyakit tumor atau kanker.

Namun Ia menegaskan bahwa hingga sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan secara pasti bahwa radiasi dari ponsel dapat menimbulkan efek yang sama dengan X-Ray.

"Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel adalah sejenis gelombang microwave yang termasuk dalam jenis radiasi non-ionisasi dan levelnya tergolong rendah.

Dari puluhan kajian ilmiah yang telah dilakukan sampai sekarang ini belum terdapat bukti ilmiah yang kuat dan skala cakupan secara komprehensif berakibat serupa dengan efek pancaran radiasi gelombang elektromagnetik jenis ionisasi yang telah dinyatakan positif sebagai salah satu penyebab tumor otak atau kerusakan DNA pada sel jaringan tubuh manusia," jelas Herlina saat ditemui di Universitas Atma Jaya, Pluit Raya, Jakarta Utara, Jumat (8/7).

BACA JUGA: Cegah Keluarga Sakit Dengan Deretan Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh Ini Moms