Dijuluki Pahlawan Sejati, Ini Sosok Dokter Richard Harris Penyelamat Korban Gua di Thailand

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 11 Juli 2018 | 17:44 WIB
selain sebagai ahli medis, Harris juga berpengalaman selama 30 tahun sebagai penyelam bersama perusahaan MedSTAR yang berbasis di Australia Selatan. (Tribun News Jogja)

Nakita.id.- Inilah kisah seorang anggota tim penyelamat evakuasi di Gua Tham Luang Nan Non di Thailand.

Kisah seorang dokter yang berperan besar dalam proses tersebut, tanpa memikirkan kepentingan dirinya sendiri, hingga kemudian dijuluki sebagai sosok pahlawan sejati.

Dokter Richard Harris merupakan orang terakhir yang keluar dari Gua Tham Luang setelah berhasil menyelamatkan semua orang yang terperangkap.

Ia berperan sangat penting dalam operasi yang dianggap sebagai mission impossible, misi yang mustahil tersebut.

Wajar saja, selain sebagai ahli medis, Harris juga berpengalaman selama 30 tahun sebagai penyelam bersama perusahaan MedSTAR yang berbasis di Australia Selatan.

BACA JUGA: Viral 12 Orang Terjebak Dalam Gua, Tim Penyelamat Berhasil Selamatkan Setelah 2 Minggu!

Ia juga dikenal secara global, baik sebagai seorang dokter maupun sebagai tim penyelam yang mampu mengevakuasi korban dari tempat sulit.

"Harry adalah orang yang pendiam dan baik hati yang tidak berpikir dua kali untuk menawarkan diri dalam misi penyelamatan ini," ungkap Andrew Pearce, atasan Dr Harris dan direktur klinis MedSTAR.

Kondisi gua Tham Luang, tempat di mana anak-anak dari sebuah tim sepak bola di Thailand, terjebak bersama pelatihnya merupakan medan yang sangat sulit, apalagi dalam kondisi dipenuhi air. 

Ahli anestesi berusia 53 tahun ini juga dipuji karena gagasan medis yang brilian dalam misi evakuasi tersebut.