4 Pola Makan Anak Sesuai Tahapan Usia dari Bayi Sampai Balita

By Ipoel , Senin, 18 Maret 2013 | 07:00 WIB
Ketahui pola makan anak sesuai dengan tahapan usianya sehingga tepat apa yang diberikan. (Pixabay/StockSnap)

Nakita.id - Dari hasil penelitian diketahui bahwa jika kita ingin anak gampang makan makanan tertentu seperti sayur dan ikan, maka ibu harus melakukan hal yang sama selama hamil atau setidaknya di masa menyusui.

Juga ibu harus tahu macam pola makan anak sesuai dengan tahapan usianya.

Ketahui juga bahwa asupan gizi dari makanan selama masa kehamilan merupakan hal yang penting, baik untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan organ janin termasuk fungsi organoleptik atau selera terhadap jenis makanan yang dikonsumsi ibunya.

Baca Juga: Tips Mengatur Pola Makan untuk Penuhi Asupan Nutrisi Ibu Hamil dalam Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan, Dicatat ya Moms!

Pola makan yang baik seperti berikut ini bisa dimulai sejak ibu hamil atau menyusui, yakni pola makan gizi seimbang, seimbang jenis, jumlah, dan jadwalnya (3J).

Jenis mencakup konsumsi berbagai jenis bahan makanan sehingga asupan zat gizi dari makanan dapat saling melengkapi. Jumlah mencakup apakah sesuai dengan piramida makanan, yakni: karbohidrat 50-60%; protein 15-20%; dan lemak 25-30%. Jadwal mencakup waktu teratur makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan siang, makan malam, serta selingan malam.

Dimulai sejak masih dalam kandungan/masa menyusui, kenalkan anak pada makanan-makanan yang bermanfaat. Lanjutkan terus kebiasaan baik tersebut saat anak mulai tumbuh dan berkembang. Berikut tahapannya: