7 Tips Jaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba Agar Terbebas Penyakit

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 21 Juli 2018 | 20:15 WIB
Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah penyakit flu dan demam yang disebabkan karena suhu yang tidak menentu. (Thinstock)

Nakita.id.- Ketika memasuki musim pancaroba seperti saat ini, kondisi cuaca benar-benar tidak menentu, siang hari cuaca bisa panas terik dan menyengat, tiba-tiba sore hari bisa turun hujan deras.

Maupun sebaliknya, cuaca panas dan hujan susah ditebak kapan waktunya.

Saat musim pancaroba, bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh bila tidak dijaga dengan baik.

Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah penyakit flu dan demam yang disebabkan karena suhu yang tidak menentu.

Maka dari itu, kita harus pintar-pintar menjaga kondisi badanmu agar tetap fit sepanjang hari meski saat musim pancaroba tiba.

BACA JUGA: Menghadapi Musim Kemarau, Ini Caranya Agar Tubuh Tetap Sehat , Moms!

Berikut ini 7 tips jaga kesehatan saat pancaroba melanda untuk Moms sekeluaga agar tetap bisa segar dan bugar dalam melaksanakan rutinitas harian walau musim pancaroba.

1. Jaga lingkungan dan tempat tinggal agar selalu bersih

Pada umumnya, penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba adalah penyakit seperti malaria, demam, dan berbagai macam penyakit infeksi lainnya.

Beberapa penyebab seseorang bisa mengalami kondisi di atas dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan.

Maka dari itu, kita harus selalu menjaga kebersihan juga kerapihan tempat tinggal kita.

Termasuk memastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah maupun di dalam rumah agar tidak menjadi tempat bersarang dan berkembang biaknya nyamuk maupun bakteri.

Bukan hanya itu, sebaiknya gantilah seprei secara berkala untuk menghilangkan debu dan mikroba jahat yang mungkin saja ada pada tempat tidur.