Semakin Bertambah, Kini Korban Tewas Gempa Lombok - Bali Capai 10 Orang!

By Rosiana Chozanah, Minggu, 29 Juli 2018 | 15:27 WIB
Rumah hancur di Lombok, NTB (Kompas.com)

Nakita.id - Minggu (28/7/2018) tadi, gempa tektonik berkekuatan magnitudo 6,4 skala Richter mengguncang Lombok, Sumbawa dan Bali pada pukul 05.47 WIB.

Sebelumnya Kepala BPBD NTB, Muhammad Rum, mengatakan bahwa jumlah korban yang meninggal ada satu orang, sedangkan 6 lainnya luka-luka.

Korban tersebut sekarang ini sudah dirawat di Puskesmas Bayan.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Bali Hingga Lombok Diguncang Gempa 6,4 SR, Satu Tewas!

Sedangkan pada sekitar pukul 11.40 WIB, jumlah korban meninggal bertambah, yaitu mencapai 10 orang.

Sementara 40 orang lainnya dilaporkan terluka, dan puluhan rumah rusak.

Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang diterima Kompas.com, Minggu."Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata," kata Sutopo.Data sementara dari BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Kabupaten Lombok Timur terdapat 8 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan dan puluhan rumah rusak.

BACA JUGA: Inilah Tanda-Tanda Anak yang Menjadi Korban 'Bully' di SekolahDari 8 korban meninggal terdapat satu orang warga negara Malaysia atas nama Siti Nur Ismawida (30)Di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan.Berdasarkan laporan, gempa juga menyebabkan longsor di Gunung Rinjani.

Material longsoran mengarah ke utara dan saat ini jalur pendakian ke Gunung Rinjani ditutup.

Aparat masih melakukan pemantauan terhadap dampak longsor yang ada.

Gempa bermagnitudo 6,4 mengguncang wilayah Lombok, Bali dan Sumbawa, Minggu, pukul 05.47 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak pada koordinat 8,4 lintang selatan, dan 116,55 bujur timur.