Begini Cara Mudah Agar Anak Mau Makan Sayur Menurut Anjuran Dokter

By Nia Lara Sari, Senin, 13 Agustus 2018 | 18:43 WIB
Sayuran dan buah-buahan dapat menjadi salah satu pemicu sakit bila tidak diolah dan konsumsi dengan (pixabay)

Nakita.id- Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi pemilih makanan lo, Moms. Di antaranya adalah bentuk makanan tidak menarik, menu yang monoton atau tidak bervariasi, suasana di rumah tidak kondusif. Selain itu juga karena belum terbangun pola makan yang baik, serta kurangnya perhatian dari orangtua karena kesibukan mereka.

BACA JUGA: Ragu Membawa Bayi Berlibur ke Luar Negeri? Jangan Khawatir, Ada Tips Dari Tanya Larasati Berhati-hatilah menangani picky eater karena penanganan yang keliru justru membuat anak menjadi sulit makan. Berbicara mengenai picky eater, pada umumnya makanan yang paling dibenci anak adalah sayuran. Padahal di dalam sayuran terkandung vitamin dan mineral yang baik bagi tumbuh kembangnya.

BACA JUGA: Sangat Mudah Diterapkan, Inilah Tip Membacakan Dongeng untuk Batita Bagaimana ya Moms agar anak suka sayur? Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, dalam acara peluncuran DancowInspiringMom Angkatan Ke-2, di Jakarta (9/8), memberikan trik mudah agar anak mau mengonsumsi sayuran. "Jika anak benar-benar tidak suka sayur, maka orangtua bisa menyembunyikan sayur dengan cara memarut atau menghancurkan menjadi potongan kecil, dan disembunyikan di antara makanan. Selain itu, orangtua juga harus mencontohkan makan sayur tersebut di depan anak.

BACA JUGA: Ingin Memiliki Anak Cerdas? Kecukupan Zat Gizi Ini Harus Terpenuhi!

Orangtua juga harus mulai menceritakan hal-hal positif mengenai sayur kepada anak.

Ditambah dengan mempermudah akses anak untuk mendapatkan sayur, misalnya saat ia membuka tudung saji atau kulkas yang pertama ia lihat adalah hidangan berupa sayuran," jelasnya.