Usia 1 Tahun Nafsu Makan Anak Turun, Begini Cara Cegah Kurang Gizi

By Nia Lara Sari, Rabu, 22 Agustus 2018 | 15:00 WIB
Kekurangan hormon tiroid ini pada anak, dapat menganggu pertumbuhan, fungsi jantung, perkembangan ot ( PublicDomainPictures)

Nakita.id - Saat anak memasuki usia 1 tahun, mungkin Moms akan merasa sangat bersemangat menyaksikan tumbuh kembangnya. Sayangnya, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, dalam acara peluncuran DancowInspiringMom Angkatan Ke-2, di Jakarta (9/8), menyebutkan bahwa pada usia 1 tahun anak akan mengalami perlambatan pertumbuhan. “Percepatan pertumbuhan manusia adalah ketika lahir sampai usia 1 tahun, dan saat pubertas,” ia menjelaskan.

BACA JUGA: Studi Buktikan Hamil di Usia 35 Tahun Bisa Perpanjang Umur Hingga Awet Muda “Sayangnya, saat usia 1 tahun ke atas pertumbuhannya akan melambat,” ungkapnya. Pertumbuhan biasanya menyangkut ukuran dan struktur biologis pada tubuh anak. Pada usia 1 tahun penambahan berat badan anak tidak sebanyak dahulu. Hal ini juga karena anak sudah bisa merangkak dan menjelajah sehingga dapat membakar kalori.

BACA JUGA: Mitos! Jika ASI Diberikan Dengan Botol, Bayi akan Menolak Menyusu dari Payudara Naasnya, Rita juga mengungkapkan saat pertumbuhannya melambat, nafsu makan anak juga akan berkurang sangat ekstrem. “Pada periode pertumbuhan yang melambat ini, nafsu makan anak akan ditekan, sehingga nafsu makannya akan berkurang sangat ekstrem,” katanya. Nah, masalah ini yang biasanya orangtua abaikan, ketika anak tidak nafsu makan maka dibiarkan saja. Atau orangtua kadang memberi makan anak dengan cara yang tidak menyenangkan, sehingga memperparah situasi ini.

BACA JUGA: Kurangi Risiko Kanker, Ini Ragam Manfaat Menakjubkan Diet Mediterania! Harusnya orangtua bisa membujuk anak untuk makan dengan cara menyajikan makanan dengan bentuk yang menarik, agar mereka tertarik untuk makan. “Sehingga kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi saat masa perlambatan pertumbuhan ini,” ia menegaskan.