'Mak Nyak' Derita Glaukoma, Cara-cara Ini Bisa Jadi Pencegahnya!

By Diah Puspita Ningrum, Kamis, 6 September 2018 | 08:52 WIB
Meski sudah 80 tahun Aminah masih mengingat adegan di sinetron Si Doel (Kolase Nakita.id)

Nakita.id - Glaukoma adalah jenis gangguan pengelihatan karena terjadinya kerusakan pada syaraf optik.Menurut Badan Kesehatan dunia atau WHO, glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua terbesar di dunia setelah katarak. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memaparkan bahwa lima dari 1000 orang di Indonesia menderita glaukoma.

Baca Juga : Aminah 'Mak Nyak' Terkena Glaukoma, Cegah dengan Minuman Ini!Ibunda Si Doel dalam serial televisi "Si Doel Anak Sekolahan", Aminah Cendrakasih, menjadi salah satu penderita penyakit tersebut.Aminah diketahui sudah sepuluh tahun menderita glaukoma dan mengalami kebutaan total selama lima tahun terakhir. Publik baru mengetahui bahwa pemeran 'Mak Nyak' ini menderita glaukoma setelah perempuan kelahiran 1938 ini kembali ke dunia akting dalam film "Si Doel The Movie".

Baca Juga : Sering Berperan Sebagai Anak SMA, Ricky Harun Akan Punya Anak KetigaDilansir Tribunnews.com , penyakit glaukoma dapat dicegah dengan beberapa cara, yakni: 1. Mengonsumsi buah-buahan berwarna gelap atau abu-abuBanyak yang belum tahu bahwa jenis buah berwarna gelap atau abu-abu ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata termasuk mencegah penyakit glaukoma.Buah seperti bluberry, cranberry dan semua jenis golongan berry dapat menguatkan sistem syaraf otot pada bagian mata.

Baca Juga : Goo Hara Dikabarkan Bunuh Diri, Ini Klarifikasi dari Agensi 2. Mengonsumsi makanan tinggi karotenoidZat karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dan sebagai filter penyerapan cahaya yang masuk ke mata.Makanan yang mengandung zat karotenoid tinggi biasanya identik dengan makanan yang berwarna kuning.

Baca Juga : Cara Cynthia Riza Istri Giring Merawat Bayinya yang Berkulit Sensitif Karotenoid juga memiliki banyak cadangan vitamin A yang tentunya sangat baik untuk mata. 3. Mengonsumsi sayuran hijauSayuran hijau seperti sawi, bayam, kangkung dan brokoli sangat baik untuk mata. Semua jenis sayuran tersebut mengandung vitamin A, zeaxanthin dan lutein dapat memberikan perlindungan untuk kornea dan lensa mata.

Baca Juga : Menyakitkan! Ini Yang Dilakukan Perempuan Zaman Dulu Agar Tampil CantikCara terbaik untuk mendapatkan nutrisi makanan tersebut adalah dengan membuatnya menjadi jus sayuran dan diminum di pagi hari. 4. Mengendalikan gula darahBagi Moms dan Dads yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan kadar gula darah seperti diabetes, harus mewaspadai adanya penyakit mata glaukoma.Saat kadar gula darah tinggi, hal tersebu akan membuat retina mata mengalami gangguan.Tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup untuk mengolah semua kadar gula dalam darah.Itu sebabnya, gula darah tinggi bisa berdampak para kerusakan retina mata

Baca Juga : Roy Suryo Ramai Diberitakan, Begini Tampilan Rumah Mewahnya dengan Koleksi 50 Mobil Mercy!.5. Lindungi mata dari paparan sinar UVPaparan sinar matahari yang langsung mengenai mata ternyata dapat menyebabkan glaukoma.Jadi, biasakan diri Moms dan Dads untuk memakai kacamata atau pelindung mata lainnya jika beraktivitas di bawah sinar matahari.Sinar UV bisa memberikan tekanan berat pada bagian lensa dan kornea mata, yang bisa memicu penyakit glaukoma.