Menu Makan Asian Games 2018 Habiskan Rp7 Miliyar Per-harinya, Begini Nasib Makanan Sisa

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Kamis, 6 September 2018 | 14:35 WIB
breakfast station dinning hall wisma atlet (twitter.com/arieparikesit)

Nakita.id - Beredar fakta bahwa makanan yang disajikan untuk para atlet Asian Games 2018 di Wisma Atlet menghabiskan dana hampir Rp7 milyar perharinya.

Angka pasti dana menu makanannya yaitu Rp210 ribu per orang saat sarapan, Rp240 ribu untuk makan siang dan makan malam.

Baca Juga : Habiskan Rp7 Miliyar Untuk Makan Atlet Asian Games 2018 Per-harinya, Ternyata ini Menu-menunya!

Sedangkan di Wisma Atlet Kemayoran, terdapat 10.000 orang baik atlet, ofisial dan pelatih di lokasi tersebut.

Bila dijumlahkan, total dana untuk menu makanan bagi 10.000 delegasi yang ada di Wisma Atlet menghabiskan Rp6,9 miliyar.

Dinning hall yang digunakan untuk ruang makan para atlet disiapkan sebaik mungkin dan dilengkapi dengan pelayanan stand gizi.

Stand tersebut menyediakan jasa konsultasi kandungan nutrisi dan kebutuhan nutrisi para atlet, juga menyediakan jasa pemesanan makanan yang bisa dibawa atau dibungkus bahkan dikirim layaknya lunch box ke venue pertandingan, mengingat mereka bertanding bahkan dalam waktu yang lama.

Semua makanan diawasi oleh Tim Food Safety Officer Kemenkes dan dirancang oleh Bobel Katering yang CEO-nya Regi Datau, suami Ayu Dewi.

Baca Juga : Heboh Pemadaman Listrik di Wilayah Jawa Bali, Berlanjut Hingga 6 September 2018?

Melansir dari KOMPAS.com, Vice Director Catering Departement INASGOC, Yooky Tjahiral menjelaskan bahwa ia dan tim sudah menyiapkan berbagai macam menu makanan dari berbagai daerah di dunia.

Di antaranya ada makanan Barat, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Tenggara, salad bar dan bahkan makanan khas Indonesia sebagai ajang promosi kuliner Indonesia.

1. Aneka pasta