Sukses Menggeluti Bisnis Kuliner, Baim Wong Bocorkan Rahasianya

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Jumat, 7 September 2018 | 16:36 WIB
Trik Baim Wong sukses berbisnis (instagram.com/@baimwong)

 

Nakita.id - Tak hanya sekadar memenuhi kebutuhan perut, saat ini bisnis kuliner seolah menjadi tren yang menjamur.

Menurut data yang dirilis oleh Badan Ekonomi Kreatif, sektor kuliner menyumbangkan 41,4% dari total pemasukan sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Ditambah lagi, semakin banyak produk makanan berkualitas yang beredar di pasaran.

Misalnya saja Frisian Flag yang meluncurkan krimer kental manis Omela dalam ukuran besar, untuk mendukung seluruh kalangan masyarakat untuk memulai usaha kuliner.

Hal inilah yang membuat banyak orang tak segan melebarkan sayap di dunia kuliner, tak terkecuali artis peran Baim Wong.

Dikenal sebagai aktor yang andal berakting, ia kini merupakan pebisnis kuliner yang tangguh.

Tak sebentar, Baim sudah berkecimpung dalam dunia kuliner selama 10 tahun lamanya.

Kecintaannya pada bidang kuliner utamanya bakmi mendorong pria 37 tahun ini untuk membuka warung Bakmi Wong.

Baca Juga : Jarang Memasak Tapi Begini Mewahnya Dapur Syahrini yang Bikin Ngiri

Meskipun dulu pernah membuka warung sejenis dengan nama Mie and You, nyatanya Bakmi Wong jauh lebih terkenal dan lebih berkembang dibanding Mie and You. 

Bahkan demi kualitas rasa, Baim sendiri yang menciptakan resep di balik menu yang tersedia di Bakmi Wong.

Tak puas sampai disitu, Baim juga membuka bisnis kue, Bakpia Wong Jogja dengan aneka varian rasa, makanan penutup juga fashion yaitu Batik Wong yang mengedepankan batik khas Nusantara.

Artis peran Baim Wong berbagi pengalamannya berbisnis kuliner dalam Talkshow

"Beawal dari kesukaan saya terhadap makanan dan desain ya.

Sekarang ini, bisnis apapun itu sudah dimudahkan berkat kecanggihan teknologi. Produknya bikin sendiri sehingga enggak butuh karyawan, tanpa sewa tempat dan dibuat berdasarkan order", ungkap Baim dalam Talkshow "Inspirasi Horeka: Kreasi Aneka Dessert Nusantara Bersama Frisian Flag dan Lotte Grosir, Kamis (6/9).

Tak lupa, calon suami model Paula Verhoeven ini pun memberikan lima kunci bagaimana agar bisa sukses dalam berbisnis.

Menurutnya, selain rasa yang enak, harga menjadi salah satu kunci penting agar kuliner bisa diterima masyarakat berbagai kalangan.

Baca Juga : Yuk Moms Jauhkan Si Kecil Sejenak dari Gadget, Funtopia Siap Digelar!

"Pertama itu tentunya passion (minat), harus smart (cerdas), inovasi, biaya, dan harga yang terjangkau agar bisa diterima masyarakat.

Tantangan dalam berbisnis pasti ada, tapi kalau awalnya sudah duka pasti akan selalu ada jalannya. Cari bisnis yang memang sesuai dengan apa yang kita suka", ujar Baim.

Berbisnis pintar dan berpikiran terbuka juga menjadi metode penting, mengingat kini banyak bermunculan tren baru.

"Sekarang apa-apa sudah teknologi, banyak sekali aplikasi dan media sosial yang menjamur. Jadi melek teknologi itu harus," tegas Baim.

Baim pun juga bersyukur, dirinya dikelilingi orang-orang yang andal dalam bidangnya sehingga ia bisa memantau bisnisnya dari jauh dan bisa tetap menjalankan karirnya di dunia hiburan.

"Saya punya orang-orang di area masing-masing. Ada bisnis yang tidak harus selalu hadir karena ada yang menggantikan.

Baca Juga : Intip Potret Pemeran Ye Sha Meteor Garden, Kini Telah Menikah dengan Pebisnis Asal Indonesia!

Sementara kalau akting harus hadir karena tidak bisa digantikan", jelas Baim.

"Pokoknya berbisnis itu harus konsisten, mampu memproduksi dengan harga murah dan jangan idealis kalau mau berbisnis kuliner supaya bisnis tetap sustain terus dalam jangka panjang," pungkasnya.

Bagaimana Dads, tertarik mengikuti jejak Baim Wong?