Lebih Nyaman Tidur Miring Saat Mens

By Dini Felicitas, Jumat, 9 September 2016 | 05:30 WIB
Cobalah tidur miring saat menstruasi. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Sebagian dari Mama mungkin kerap mengalami gejala menstruasi yang menyakitkan. Perut kram, payudara membengkak, pinggang terasa mau copot, tidur malam pun kadang jadi susah. Sebab, seringkali volume darah begitu banyak sehingga Mama khawatir akan tembus ke celana dalam, bahkan seprai. Masih untung jika Mama bisa bangun untuk mengganti pembalut. Hal ini membuat waktu tidur jadi menyiksa.

Untunglah, baru-baru ini para pakar mengungkapkan bahwa posisi tidur nyaman saat menstruasi. Katanya, tidur miring membuat Mama bisa tidur lebih nyenyak saat menstruasi. Dengan tidur pada satu sisi dengan kaki menekuk ke perut, "Posisi ini membuat Mama menekan otot-otot perut," ujar dokter kandungan dan kebidanan Lisa Lindley, yang juga salah satu pendiri Rancho Mirage Women's Health Center, di Rancho Mirage, California.

Banyak perempuan yang mengatakan bahwa posisi menyamping membantu meredakan kram perut saat menstruasi, tambah Jennifer Wider, MD. Hal ini karena otot-otot di sekitar perut didorong untuk rileks, sehingga mengurangi ketegangan yang memicu kram. Posisi miring ini juga mengurangi darah mengalir keluar dari pembalut, karena kedua kaki merapat.

Posisi tidur yang paling tidak disarankan ketika mens adalah tengkurap, karena berbaring tengkurap bisa menyebabkan rahim tertekan. Akibatnya, hal ini dapat meningkatkan jumlah darah yang hilang, ujar Dr. Wider.

Nah, ternyata ada lho, posisi tidur nyaman saat menstruasi. Coba, yuk!