Aneka Masalah Setelah Melahirkan yang Umum Terjadi

By Gisela Niken, Rabu, 14 September 2016 | 00:00 WIB
Depresi menjadi salah satu masalah setelah melahirkan (Foto: aviva romm) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kehamilan memang proses yang tidak mudah. Tidak hanya selama kehamilan, masalah akan terus terjadi bahkan setelah proses melahirkan. Perubahan setelah melahirkan ini dapat memengaruhi kesehatan hingga psikis Mama. Berikut masalah setelah melahirkan yang perlu Mama ketahui agar memersiapkan diri dan tidak kaget dengan kondisi yang akan Mama alami.

Baca juga: Makanan yang tepat setelah melahirkan

Hampir 75% Mama mengalami masalah yang sering disebut postpartum atau baby blues. Kondisi ini menyebabkan perubahan suasana hati. Biasanya Mama akan mengalami depresi, lesu, mudah marah, frustasi, insomnia hingga menangis. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang kembali terjadi setelah melahirkan. Mintalah dukungan dengan orang sekitar dalam menghadapi kondisi ini.

Baca juga: 5 perubahan vagina setelah melahirkan

Perubahan hormon menjadi masalah yang sering terjadi setelah melahirkan. Tak hanya soal perubahan hati, perubahan hormon membuat vagina Mama menjadi kering.Proses menyusui juga berpengaruh pada masalah vagina ini. Bagian tubuh lain yang mungkin mengalami masalah antara lain perut. Perlu banyak waktu agar perut kembali ke bentuk semula. Mama juga mungkin mengalami nyeri sebab rahim akan kembali ke ukuran semula.

Payudara juga menjadi bagian yang ikut berubah karena semakin membesar dan menjadi sakit. Puting yang lebih sensitif akan mempersulit proses menyusui.Mama mungkin akan mengalami rambut rontok Hal ini biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen. Setelah melahirkan Mama juga mungkin mengalami sistem pencernaan seperti sembelit. Obat-obatan yang masuk selama proses melahirkan dapat berpengaruh pada proses pencernaan.

Baca juga: Yang harus dilakukan setelah melahirkan

Perubahan kadar estrogen dalam tubuh juga menyebabkan tubuh sering merasa panas karena tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan benar. Biasanya Mama juga akan mengalami pendarahan disertai gumpalan, sama seperti menstruasi selama beberapa minggu. Ternyata, ada beberapa masalah setelah melahirkan yang cukup menganggu. Mama perlu mencari bantuan dari orang sekitar sebab Mama juga harus mengasuh si kecil yang baru lahir.