Bisakah Rasa ASI Berubah?

By Gisela Niken, Minggu, 18 September 2016 | 22:45 WIB
Makanan Pengaruhi Rasa ASI? (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Banyak orang yang mengatakan bahwa rasa ASI berubah akibat banyak faktor termasuk makanan yang Mama konsumsi. Beberapa ahli ternyata menyebutkan beberapa faktor yang membuat rasa ASI berubah salah satunya makanan. Namun, makanan juga bukan faktor yang cukup besar untuk urusan perubahan rasa ASI. Sebab, perubahan tersebut tidak terlalu signifikan dan biasanya hanya berlangsung selama 8 jam setelah Mama mengonsumsi makanan tersebut.

Baca juga: Ternyata, ini 5 penyebab bayi menolak ASI

Untuk itu, ada baiknya Mama mencoba mengetahui makanan mana saja yang membuat rasa ASI berubah. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran. Mama juga perlu mengurangi makanan yang mengandung gula. Tidak hanya rasa ASI berubah, bayi juga bisa mengalami alergi terhadap apa yang Mama makan.

Selain makanan ada banyak faktor yang biasanya memengaruhi seperti saat Mama mengonsumsi obat. Oleh karena itu, sebaiknya Mama menghindari minum obat tanpa resep dokter. Mama yang sedang hamil juga dapat mengubah rasa ASI. Perubahan hormon yang terjadi saat Mama hamil akan ikut mengubah produksi ASI.Perubahan hormon juga terjadi ketika Mama mulai kembali mengalami menstruasi. Biasanya hal ni terjadi ketika bayi sudah mulai makan padat dan intensitas ASI mulai berkurang. Ketika dalam masa ini, tubuh akan kembali berovulasi dan mengalami menstruasi. Jadi, jangan heran kita anak sedikit menolak ASI di masa kehamilan dan menstruasi.

Baca juga: Makanan pengaruhi rasa ASI?

Mama yang melakukan olahraga terlalu berat juga dapat mengubah rasa ASI. Olahraga terlalu berat dapat menyebabkan penumpukan asam laktat pada payudara. Mama tentu saja disarankan untuk tetap berolahraga meski menyusui. Namun, Mama perlu memahami batas kewajaran saat berolahraga di masa menyusui. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan instan dan minum alkohol juga sangat berperan dalam produksi ASI.

Baca juga: Fakta ASI: Komposisi ASI berbeda dari hari ke hari

Masalah payudara juga sering menyebabkan rasa ASI berubah. Infeksi payudara seperti mastitis menjadi masalah yang umum terjadi. Mama yang menggunakan lotion, kirim atau minyak payudara juga dapat memengaruhi rasa ASI. Itu dia beberapa faktor yang menyebabkan rasa ASI berubah. Saat bayi terlihat mulai menolak ASI, ada baiknya Mama mencoba mencari penyebab dan sumber masalahnya.