Gempa Tsunami Palu: IDI Kerahkan Tim Medis dan RS Terapung, Ini Data Korban Meninggal Sementara!

By Shevinna Putti Anggraeni, Sabtu, 29 September 2018 | 15:19 WIB
IDI kerahkan pasukan tim medis dan data semnetara korban meninggal (YouTube, Kompas TV)

Nakita.id - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengerahkan tim medis untuk penanganan bencana tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Dr. Moh. Adib Khumaidi, SpOT, Sekjen PB IDI mengatakan IDI merangkul tim medis dari darat, laut dan udara untuk menangani korban bencana tsunami di Palu.

Tim Batalyon Kesehatan (yonkes) TNI bersama Tim Aju (tim pendahuluan) dari Ikatan Dokter Indonesia cabang Makassar, Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin dan tim Siaga Bencana Makassar berangkat ke Palu Sabtu ini (29/9).

Baca Juga : Gempa Tsunami Palu, Ternyata Roy Kiyoshi Pernah Ramalkan Bencana Dahsyat Indonesia 2018 Ini!

Berdasarkan siaran pers IDI yang diterima Nakita.id, gabungan tim kesehatan ini akan melakukan Rapid Health Assesment (penilaian kesehatan cepat) agar dapat mendata kebutuhan medis dan melakukan penanganan medis sesegera mungkin terhadap masyarakat Palu dan sekitarnya yang terdampak tsunami, kemarin Jumat (28/9).

Keberangkatan tim Aju ini dipimpin oleh Prof Dr Idrus Patorosi, SpOT dan Dr M Sakti SpOt akan dilakukan via udara ke melalui Mamuju dan dilanjutkan via darat ke Palu dengan bantuan sarana transportasi dari TNI.