Ternyata, Ini Manfaat Olahraga Saat Trimester Ketiga untuk Ibu Hamil

By Gisela Niken, Selasa, 20 September 2016 | 06:45 WIB
Ibu Hamil yang Rajin Olahraga, Perkecil Risiko Sakit Jantung Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Olahraga saat hamil memang banyak direkomendasikan sebab sangat baik untuk mencegah terkena berbagai penyakit seperti risiko diabetes. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan manfaat olahraga saat hamil trimester ketiga. Olahraga setelah usia 29 minggu ternyata memiliki manfaat juga untuk janin.

Baca juga: Ini alasan jangan berhenti olahraga saat hamil

Olahraga saat hamil tidak hanya dapat mengurangi masalah kesehatan. Olahraga pada trimester ketiga dapat mengurangi ketidaknyamanan. Sebab, perut yang semakin membesar membuat Mama sering mengalami rasa yang kurang nyaman dan banyak gangguan yang muncul. Olahraga juga dapat membantu kelancaran Mama saat proses persalinan nanti. Tapi tetap diingat olahraga saat hamil perlu pengawasan dokter.

Baca juga: Mam, jangan percaya mitos saat hamil berikut ini

Penelitian yang dilaporkan dalam Journal of Obstetrics and Gynaecology mengungkapkan bahwa olahraga trimester ketiga dapat membuat bayi lahir dengan lemak tubuh yang lebih sedikit. Hasil ini diambil dari penelitian terhadap 826 orang ibu dan bayi mereka. Menurut penelitian ini, wanita yang berolahraga pada trimester ketiga akan melahirkan bayi dengan 41,1 gram lemak yang lebih sedikit dibanding wanita yang tidak melakukan aktivitas fisik.

“Latihan saat hamil juga dapat membantuk mengurangi jumlah glukosa dan lemak ibu yang diberikan kepada bayi. Dengan begitu, akan membantu anak tumbuh lebih optimal,” ujar Dana Dabalea, MD, PhD, salah seorang peneliti di University of Colorado School of Publuc Health. Bahkan jika Mama di awal kehamilan cenderung tidak bergerak karena morning sickness, Mama tetap bisa bergerak pada saat tubuh sudah mulai kuat.

Baca juga: Yuk olahraga saat hamil agar bayi cerdas

Mengapa olahraga trimester ketiga juga tak kalah penting? Pada masa ini sebagian besar jaringan lemak janin akan berkembang. Maka dari itu, pada saat inilah olahraga akan berdampak pada jumlahnya lemak pada janin. Mama sendiri tak perlu berolahraga berat untuk merasakan manfaat olahraga saat hamil. Mama cukup melakukan 30 menit aktifitas fisik dengan intensitas sedang seperti jalan atau berenang setiap hari dalam seminggu. Hal ini akan membantu membuat kehamilan Mama dan janin lebih sehat.