3 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Menjadi Anak yang Baik Di Sekolah

By Gisela Niken, Selasa, 20 September 2016 | 22:45 WIB
Ini Tanda Anak Siap Masuk Sekolah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Usia pra sekolah memang menjadi usia yang sulit. Kepribadian dan mood anak sangat sulit diprediksi. Mereka bisa kadang-kadang bersemangat, namun tiba-tiba mereka bisa saja menjadi sangat rewel. Kondisi ini sangat berpotensi membuat anak cenderung rewel, nakal dan tidak dapat mengontrol emosi di sekolah. Mama bisa mengajarkan tiga hal ini sebagai cara menjadi anak yang baik di sekolah.

Baca juga: Kunci sukses mengasuh anak usia prasekolah

Melakukan kebiasaan baik sejak dari rumah

Anak memang cenderung egosentris artinya mereka sering ingin melakukannya sendiri padahal tidak sepenuhnya ia bisa melakukan hal itu. Anak yang terlalu berani kerap kali berujung pada kenakalan dan masalah. Kadang orangtua menjadi bingung untuk melarangnya. Mama tetap perlu memberikan rasa kepercayaan diri kepada anak namun yang bertanggung jawab. Kedekatan antara Mama dan si kecil akan membantu proses penyampaian pesan. Misalnya katakan padanya mana hal yang boleh ia lakukan dan tidak. Mama harus menjadi sosok yang mengatur agar anak tidak salah dalam bersikap atau berperilaku.

Mengatur di sini bukan hanya sebatas memberikan pengetahuan sejak di rumah tetapi juga menunjukkan contoh yang baik di rumah. Misalnya saat berkomunikasi dengan seseorang, Mama perlu mengajarkannya saat di rumah. Biasakan untuk bersikap yang baik dan menggunakan kata-kata yang baik pula. Mengajarkan kebiasaan baik sangat penting agar ia tahu apa yang perlu dilakukan saat menghadapi masalah.

Baca juga: Tip memilih TK yang tepat

Membiarkan anak bermain

Setelah mengajarkan kebiasaan baik sejak di rumah, Mama perlu percaya kepada intuisi anak. Jadi jangan melarang anak untuk melakukan banyak hal saat di sekolah maupun di rumah. Mama perlu membiarkan anak bereksplorasi dengan dunia sekitar mereka. Luangkan waktu sejenak untuk anak bermain di luar rumah dan bertemu dengan orang di sekitar mereka. Jangan bebani anak dengan kegiatan yang Mama inginkan dan terlalu banyak di rumah dengan gadget mereka.

Baca juga: Trik meninggalkan anak sekolah tanpa menangis

Meluangkan waktu orangtua dan anak

Anak dan sekolah bisa berujung pada kebosanan. Wajar bagi anak untuk merasa malas ketika berada di usia prasekolah. Mama jangan memaksa anak atau menyalahkan perasaan malas tersebut. Justru, hubungan baik antara orangtua dan anak dapat membantu anak untuk tidak merasa bosan dengan sekolah. Mama perlu meluangkan waktu bersama sejenak sebagai cara menjadi anak yang baik di sekolah. Misalnya pergi berenang pada akhir pekan atau kegiatan menyenangkan lain di luar hari sekolah.