Hari Batik Nasional, Batik Korpri Pernah Viral Digunakan Para Bule Hingga Ada di Pameran UNESCO

By Riska Yulyana Damayanti, Selasa, 2 Oktober 2018 | 08:34 WIB
Batik telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO dan pada tanggal 2 Oktober dan dipilih sebagai Hari Batik Nasional. (Kemendikbud)

Nakita.id - Batik kini telah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO dan pada tanggal 2 Oktober dan dipilih sebagai Hari Batik Nasional.

Mulanya batik hampir saja ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia terutama kaum mudanya hingga batik akan diklaim milik Malaysia.

Hingga pada tahun 2008, Presiden Susilo Bambang Yudoyono mendaftarkan Batik dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada UNESCO.

Baca Juga : Profesor: Alat Pendeteksi Tsunami di Indonesia Kurang Baik dan Rusak, Begini Perhatian Dunia Terhadap Gempa dan Tsunami di Palu

Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6-12 Juni 2018, Batik Indonesia Unjuk Diri di Markas UNESCO di Paris", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/30/144131526/6-12-juni-2018-batik-indonesia-unjuk-diri-di-markas-unesco-di-paris. Editor : Palupi Annisa Auliani
Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6-12 Juni 2018, Batik Indonesia Unjuk Diri di Markas UNESCO di Paris", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/30/144131526/6-12-juni-2018-batik-indonesia-unjuk-diri-di-markas-unesco-di-paris. Editor : Palupi Annisa Aulian

Barulah ditetapkan batik sebagai warisan kebudayaan Indoensia pada tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, hingga saat ini setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Seorang bule sedang mengenakan batik Korpri

Mulanya batik pertama kali diperkenalkan di kancah dunia oleh Presiden Suharto saat mengikuti konferensi PBB.

Kisah batik ternyata tidak sampai di situ saja, pernah beberapa tahun lalu viral para bule menggunakan baju batik korpri, batik yang sering digunakan oleh para Pegawai Negeri Sipil (PNS).