5 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Pasangan Baru Agar Cepat Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 22 September 2016 | 06:00 WIB
Cara Agar Cepat Hamil Setelah Keguguran (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ingin cepat hamil mungkin menjadi impian pada pasangan baru. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan sebagai cara agar cepat hamil. Bukan hanya Mama Papa yang ingin cepat hamil saja. Kebiasaan ini sangat baik jika dilakukan bagi pasangan yang belum punya anak. Kesuburan perlu dijaga sedari awal.

Baca juga: 5 langkah yang harus dilakukan agar cepat hamil

1.Pola makan

Salah satu kebiasaan yang berpengaruh pada kesuburan adalah pola makan. Buah, sayur-sayuran dan makanan kaya kalsium dapat menjaga kesuburan. Nutrisi sangat berpengaruh pada menstruasi. Jika nutrisi tidak cukup, Mama akan sulit mengenali masa ovulasi sehingga akan sulit untuk hamil. Ikan dan daging merah juga menjadi rekomendasi makanan yang bisa Mama dan Papa konsumsi untuk menjaga kesuburan.

2.Membuang kebiasaan buruk

Di masa muda, orang cenderung memiliki kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok. Membuang kebiasaan buruk menjadi faktor penting untuk menjaga kesuburan. Terlalu banyak begadang juga berpengaruh lo, Mam. Istirahat yang cukup dan menjauhi kebiasaan buruk sangat diperlukan untuk mempercepat proses kehamilan.

Baca juga: Diet kesuburan agar cepat hamil

3.Minum vitamin

Meski sebuah kebutuhan gizi ada di dalam pola makan sehat, Mama tetap membutuhkan bantuan asupan gizi tambahan. Minum vitamin tetap penting untuk tubuh Mama. Tidak hanya mempermudah untuk hamil, vitamin juga menjaga agar janin tetap sehat di kemudian hari. Vitamin D dan vitamin B-12 menjadi vitamin yang penting untuk menjaga kesuburan.

4.Mendapatkan asam folat

Asam folat telah terbukti mengurangi risiko bayi lahir cacat dan melindungi Mama untuk lebih sehat menghadapi kehamilan. Asam folat bisa didapatkan dari suplemen khusus dan juga dari makanan seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan. Mama yang memiliki riwayat masalah pada kehamilan sebaiknya menjaga diri dengan mengonsumsi asam folat yang cukup.

Baca juga: Panduan melakukan seks agar cepat hamil

5. Menjaga berat badan

Kebiasaan ini harus segera dilakukan setelah menikah. Tak mudah untuk menurunkan bahkan menaikkan berat badan. Terlalu gemuk atau terlalu kurus sama sama punya risiko saat kehamilan. Maka, cara agar cepat hamil yang bisa Mama persiapkan adalah membuat berat badan ideal.