Daftar Makanan yang Memperlancar Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

By Gisela Niken, Selasa, 27 September 2016 | 05:30 WIB
Makanan alami dapat memperlancar sirkulasi darah (Foto: Mamiverse) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sirkulasi darah yang lancar di dalam tubuh sangat berpengaruh pada kinerja organ tubuh Mama. Darah membawa nutrisi penting serta oksigen yang sangat penting untuk organ penting seperti otak. Jadi untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh , ada baiknya Mama mencoba makanan berikut ini. Tidak hanya untuk sirkulasi darah, makanan ini dapat menjaga kinerja organ penting dalam tubuh.

Baca juga: Turunkan gula darah dengan cara alami berikut ini

Sayuran hijau kaya dengan klorofil yang baik untuk sirkulasi darah. Selain itu, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memiliki vitamin C dan vitamin K yang menjaga sel darah merah agar tetap sehat. Vitamin K dalam sayuran hijau juga baik untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Manfaat ini juga bisa didapatkan dari jenis sayuran hijau seperti seledri. Sementara vitamin C bisa didapatkan dari buah seperti jeruk dan jambu biji.

Baca juga: Darah kotor, maksudnya apa sih?

Untuk memperlancar sirkulasi darah juga bisa dilakukan dengan cokelat. Tentu saja cokelat yang dipilih adalah cokelat hitam. Kandungan polyphenols dalam cokelat hitam sangat bermanfaat bagi kardiosvakular termasuk sirkulasi darah pada jantung. Selain cokelat hitam, kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon juga dapat membantu kesehatan jantung. Jenis ikan ini dapat mengurangi kolesterol dan mengatasi tekanan darah yang bermasalah. Omega 3 juga didapatkan dari buah alpukat.

Berbagai penelitian telah membuktikan bawang putih sebagai jenis makanan yang baik untuk darah. Bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Tomat dengan kandungan lycopene juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta penyakit lain yang berhubungan dengan tekanan darah seperti stroke. Kandungan ini juga bisa Mama temui dalam buah semangka.

Baca juga: Deteksi kista lewat darah haid, ini caranya!

Makanan tradisional seperti ubi-ubian juga menjadi makanan yang dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Ubi dapat berfungsi untuk memperlancar kerja dan membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, sirkulasi darah akan lancar jika pembuluh darah juga berfungsi dengan baik.