Ini Kriteria Pompa ASI yang Tepat

By Saeful Imam, Rabu, 28 September 2016 | 06:30 WIB
Pilah-pilih pompa ASI (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - ASI adalah makanan terbaik untuk si kecil. Untuk memenuhi ketersediaan ASI, Mama bekerja kadang menggunakan pompa ASI. Selain tidak membuat pegal, pompa ASI juga efektif memerah ASI. Nah bila Mama sedang bingung memilih pompa ASI terbaik, tidak ada salahnya bila memilih kriteria pompa ASI berikut ini:

  1. Jangan asal murah. Ada harga, ada rupa. Pastikan Mama memilih pompa ASI terbaik yang biasanya harganya relative mahal.
  2. Pastikan pompa itu terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan aman, salah satunya BPA free. BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk konsumer salah satunya botol bayi. Beberapa penelitian menunjukkan, ikatan BPA yang tergolong tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah kecil zat kimia ini terlepas ke dalam makanan atau susu formula yang menjadi isi suatu kemasan yang mengandung BPA. BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon.
  3. Daya isap maksimal. Sangat baik bila pompa yang dibeli memiliki daya isap yang lembut tapi maksimal memompa ASI. Daya isapnya laksana isapan mulut bayi, sehingga Mama merasa nyaman. Biasanya daya isap ini terlihat dari desainnya yang unik dan ergonomis serta nyaman bila digunakan.
  4. Punya bantalan pemijat yang lembut, nyaman, dan hangat. Bantal ini penting untuk memberikan rasa hangat dan nyaman bagi kulit, juga lembut untuk menstimulasi aliran ASI. Mama pun menjadi lebih rileks saat memompa ASI.
  5. Desain yang baik. Pompa dengan desain yang baik memungkinkan Mama memompa dengan nyaman. Tidak perlu menunduk agar ASI keluar dan langsung masuk ke dalam botol. Mama tinggal duduk rileks dan melihat botol isi terisi hingga penuh.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan para Mama,  Philips Avent mengeluarkan produk pompa ASI-nya. Philips Avent Manual Breastpump Standard. Cara kerjanya dengan mengungkit tuas, lalu tuas itu akan menggerakkan diafragma sehingga terciptalah hisapan (suction). Desainnya cukup ergonomis sehingga bisa digunakan dengan satu tangan. Dalam satu paket terdapat botol standardneck ukuran 120ml. Meski begitu, Mama tidak perlu khawatir bila botol Avent Wideneck (Classic/Natural), karena tersedia penyambung (converter) dari standardneck ke wideneck. Paketan pembelian lainnya adalah adanya penutup corong agar pompa asi tetap steril ketika bepergian.

Sejatinya, produk pompa ASI mereka Avent adalah pelopor pompa ASI satu tangan pertama, pompa ASI manual pertama yang meniru isapan bayi. Merk Phillips Avent adalah pemimpin pasar botol susu dan pompa ASI di Inggris. Mengantongi berbagai penghargaan dari banyak majalah parenting di seluruh dunia. Berniat mencoba atau sudah mencoba? Silahkan share di sini.