Ini Hal-hal yang Bisa Memengaruhi Hasil Tes Kehamilan

By Dini Felicitas, Rabu, 28 September 2016 | 23:45 WIB
Perhatikan hal-hal yang memengaruhi hasil tes kehamilan. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Ketika jadwal menstruasi terlambat, Mama mungkin akan menduga bahwa Mama sedang hamil. Apalagi jika kehamilan itu memang sudah lama dinantikan. Maunya, sehari setelah terlambat haid Mama sudah menggunakan test pack untuk memastikan apakah kehamilan sudah terjadi. Tetapi sebenarnya, akan lebih akurat hasilnya apabila Mama memakai test pack seminggu setelah terlambat haid. Mengapa?

Lama pembentukan zigot pada tiap calon ibu bisa berbeda-beda dan tak ada yang tahu persisnya. Ada yang cepat, tapi ada yang baru terbentuk setelah beberapa hari terlambat haid. Pada sebagian perempuan, pengetesan yang terlalu cepat kemungkinan besar menunjukkan hasil negatif palsu. Artinya, meski hasil tes kehamilan (test pack) negatif, sebenarnya Mama hamil: pembuahan sudah berhasil, tapi plasenta belum terbentuk. Alhasil, belum ada hormon hCG yang dilepaskan ke darah dan urine.

Selain itu, ada hal lain yang bisa memengaruhi hasil tes kehamilan, yaitu: * Pengetesan yang terlalu dini. Test pack mungkin menunjukkan hasil negatif, padahal Mama hamil. Ini karena hCG belum muncul di urine Mama. Kondisi ini disebut hasil negatif palsu. Terlalu banyak minum air juga dapat mengencerkan kadar hCG dalam urine Mama, sehingga sulit dideteksi alat tes kehamilan (test pack) dan memungkinkan hasilnya negatif.

* Ada juga kondisi hasil positif palsu. Artinya, hasil tes menunjukkan Mama positif hamil, padahal kenyataannya tidak. Penyebabnya bisa jadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan kaya protein, sehingga kadarnya terlalu banyak di urine. Kondisi positif palsu juga bisa terjadi karena Mama membaca hasil tes di waktu yang salah, membiarkan alat tes terkena suhu panas, atau muncul hormon hCG di urine karena suatu hal.

* Konsumsi obat-obatan antipsikosis (untuk redakan gejala skizofrenia), seperti chlorpromazine dan narkoba bisa mengacaukan hasil tes. Namun, obat-obatan seperti parasetamol (analgetik antipiretik), antibiotik,  dan pil KB tidak akan memengaruhi hasil tes.

* Konsumsi obat-obatan penunjang kesuburan, khususnya yang mengandung hCG bisa menghasilkan hasil tes positif palsu.

Karena ada beberapa hal yang bisa memengaruhi hasil tes kehamilan, pastikan Mama tidak mengonsumsi makanan, minuman, dan obat-obatan di atas, ya.

 (Deasy Siallagan)