5 Perubahan Fisik yang Terjadi Saat Masa Subur

By Gisela Niken, Rabu, 28 September 2016 | 23:45 WIB
Ketahui Masa Subur Lewat Siklus Haid (Faras)

Tabloid-Nakita.com – Kunci sukses agar cepat hamil adalah masa subur. Peluang kehamilan akan semakin besar jika Mama melakukan seks di masa subur. Selama 12 hingga 24 jam sel telur akan siap dibuahi. Untuk itu penting bagi Mama untuk mengetahui tanda masa subur. Tanda ini bisa dilihat dari aneka perubahan fisik berikut ini.

Baca juga; Cek masa subur lewat lendir serviks

1. Perubahan lendir serviks

Saat mendekati masa subur, tubuh akan memproduksi lebih banyak estrogen. Kondisi ini menyebabkan perubahan pada lendir serviks. Biasanya lendir serviks akan memiliki warna seperti putih telur. Kondisi ini membantu sperma untuk berenang ke arah sel telur yang dilepaskan selama ovulasi. Jika lendir serviks sangat basah dan licin serta berwarna putih telur berarti Mama sedang dalam masa subur.

Baca juga: Mungkinkah hamil di luar masa subur?

2.Nyeri payudara dan panggul

Saat ovulasi, sensitivitas payudara dan puting akan meningkat. Hal ini tentu disebabkan oleh perubahan hormon. Jika menekan payudara dan terasa nyeri bisa jadi Mama sedang dalam masa subur. Selain payudara, Mama akan mengalami nyeri perut bagian bawah. Biasanya nyeri ini berpindah-pindah dari satu sisi ke sisi yang lain. Jika nyeri yang dirasakan terlalu berlebihan, Mama bisa memeriksakan ke dokter karena bisa jadi menjadi masalah seperti kista.

3.Perubahan serviks

Selama ovulasi, serviks akan semakin lebih lembut dan terbuka. Hal ini berfungsi untuk mempermudah proses penetrasi. Lubang vagina juga akan semakin terasa lembut saat disentuh. Perubahan hormon selama masa subur turut membantu mempermudah proses pembuahan termasuk memengaruhi pada fisik vagina.

4.Muncul bercak

Bercak yang biasanya muncul selama ovulasi biasanya berwarna cokelat dan jumlahnya sangat sedikit. Gejala ini disebabkan oleh sel telur yang matang, tumbuh dan pecah dan mengakibatkan pendarahan. Bercak yang normal tentu saja tidak dengan jumlah yang banyak. Jika Mama mengalami pendarahan dengan warna merah lebih terang dan jumlah banyak, perlu ada pemeriksaan dokter lebih lanjut.

Baca juga: 8 cara ketahui masa subur

5. Perubahan libido

Selain tanda masa subur yang berhubungan dengan organ tubuh, Mama yang mengalami masa subur juga akan memiliki gairah seks yang meningkat. Tubuh akan menyesuaikan agar mendorong Mama melakukan seks. Namun, gairah seks sendiri tidak hanya disebabkan oleh masa subur. Ada beberapa stimulus yang menyebabkan libido meningkat.