Usia Berapa Bayi Boleh Tengkurap?

By Gisela Niken, Kamis, 29 September 2016 | 02:30 WIB
Ini Cara Membuat Bayi Tengkurap yang Tepat dan Aman (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah saat bayi berhasil tengkurap. Meskipun sulit awalnya, tengkurap juga memiliki banyak manfaat untuk bayi. Pertanyaan umum yang kerap muncul adalah di usia berapa bayi boleh tengkurap? Menurut American Academy of Pediatrics, sebenarnya tidak ada waktu yang ideal untuk mengajarkan bayi tengkurap. Yang terpenting saat mengajarkan bayi tengkurap adalah pengawasan yang baik.

Baca juga: Stimulasi agar bayi bisa tengkurap

Di awal percobaan tengkurap, bayi akan mengalami perlawanan. Biasanya mereka akan menolak dan rewel. Untuk itu, penting bagi Mama untuk melatihnya dengan jangka waktu pendek misalnya selama 1 menit. Cobalah untuk membuatnya tengkurap sampai ia merasa tidak nyaman. Mama bisa mencoba sesi ini beberapa kali dalam sehari. Idealnya setelah tidur siang atau setelah mengganti popok. Kondisi ini akan membuatnya nyaman saat mencoba tengkurap.

Biasanya bayi akan bisa tengkurap hingga 20 sampai 30 menit ketika mereka berusia 3 hingga 4 bulan. Di usia 5 hingga 6 bulan barulah bayi biasanya bisa bergerak atau berguling sendiri. Pergerakan itu yang membuat bayi bisa tengkurap sendiri. Usia bayi bisa tengkurap ditentukan dari seberapa besar dan lama Mama memberikan stimulus padanya. Mama juga perlu melakukan beberapa persiapan saat melatihnya tengkurap.

Baca juga: Manfaat ajari bayi tengkurap

Mama bisa menyiapkan selimut atau alas datar yang cocok untuk bayi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membiarkan bayi tengkurap di pangkuan Mama. Cara ini akan memberikan stimulus pada bayi untuk mengangkat kepalanya agar melihat wajah Mama. Bantu tangan dan kakinya untuk bisa lebih kuat menopang tubuhnya. Tentu saja dilakukan dengan sentuhan yang lembut.

Buatlah waktu tengkurap menjadi menyenangkan misalnya dengan bantuan barang atau mainan kesukaannya. Alas yang nyaman juga berpengaruh. Lalu, bagaimana jika anak menolak melakukan tengkurap? Jangan merasa stres atau marah pada anak. Biarkan anak beristirahat dan mencoba kembali. Pertimbngkan pula sesi dan waktu saat mencoba tengkurap.

Baca juga: Cara membuat bayi tengkurap yang aman dan nyaman

Setelah memahami cara serta di usia berapa bayi boleh tengkurap, Mama memang perlu mencobanya. Tengkurap merupakan tonggak penting pertumbuhannya selanjutnya seperti berguling, duduk, merangkak hingga berjalan. Tengkurap akan meningkatkan kemampuan motorik kasar bayi dan membantu untuk memperkuat tulangnya. Tengkurap bahkan bisa mengurangi risiko perut kembung pada bayi lo.